TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 07 NOPEMBER 2021

 

TANDA-TANDA AKHIR ZAMAN

MATIUS 24:3-8

 

Shalom Jemaat yang dikasihi Tuhan, Khotbah tentang Akhir Jaman ini (Hari Kiamat). Banyak dipertanyakan: (1). Kapan terjadinya; (2). Di mana ‘dunia baru’ itu ?; (3). Siapa yang masuk ke sana ? Jauh sebelumnya, Pertanyaan tentang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua dan akhir zaman sudah ditanyakan murid-murid pada waktu berjumpa dengan Tuhan Yesus di bukit Zaitun (ay 3). Sepanjang sejarah gereja, selalu ada saja yang men ‘duga-duga’, kedatangan Yesus kedua kali, mis : (1). William Miller : antara 21 Maret 1843 dan 21 Maret 1844; (2). Joseph Wolff: thn 1847; (3). Charles Russel : thn 1914. Semua meleset.  Dalam konteks awal nast ini Tuhan Yesus telah menungkapkan tanda-tanda akhir zaman yakni Bait Allah dan Yerusalem akan Hancur. Ia berkata kepada mereka: “Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan. “(Mat 24:2). Peristiwa ini telah terjadi pada tahun 70 AD waktu Jenderal Titus mengepung (thn 65 AD) dan menyerang kota Yerusalem tepat pada perayaan Paskah tahun 70 AD. Ada tanda-tanda sebagai permulaan akhir zaman. Apakah tanda-tanda akhir zaman menurut Matius 24:3-8?

Pertama, Muncul Penyesat (4-5). Ungkapan awal dalam bagian ini merupakan peringatan keras: ”Waspada!”(4). Pada akhir zaman suasana keagamaan akan menjadi sangat kacau balau. Karena akan muncul pengajar-pengajar sesat, anti Kristus, Nabi-nabi Palsu. Mereka  MEMAKAI NAMA TUHAN: Memakai nama Ku (5a). mereka  MENGAKU DIRI MESIAS: Akulah Mesias (5b). ada 3 sarana penyesatan: MELALUI PENGAJARAN: muncul nabi palsu (11). Pengkhotbah-penginjil palsu dalam gereja. Sudah ada/banyak orang yang berkompromi dengan dosa, kejahatan, penipuan, Iblis. Kalau saat ini kita menemukan pengurus gereja, pelayan-pelayan Tuhan, Majelis, jemaat yang kacau balau itu adalah bagian dari tanda akhir zaman. MELALUI KEHIDUPAN: kehidupan yang mendurhaka & kasih menjadi dingin(12). Makin hari makin banyak yang meninggalkan hadirat Tuhan, tidak lagi konsisten dengan imannya, mengakhiri hidupnya dengan tidak benar, itu adalah tanda akhir zaman. MELALUI MEDIA & ART: menjadi hamba media & Art; tubuhnya di gereja tetapi pikiran dan hatinya menjelajahi dunianya bukan fokus pada Tuhan.

Kedua, semakin meningkatnya Peperangan (6-7a). Berawas-awaslah (6). perperangan atau permusuhan dan perselisihan bukan hanya antar negara tetapi juga antar sesama, antar keluarga, antar gereja, antar anggota group WA. Perang bukan menggunakan senjata tajam, bom dan nuklir tetapi perang mulut yang sering dituangkan lewat WA, FB dan media/aplikasi lainnya. Perang dipicu karena banyak hal; harta warisan, sembako dll. Jangan gelisah (6). semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.

Ketiga, ada kelaparan dan gempa bumi (7b-8). Kelaparan dan gempa bumi diberbagai tempat (7b). Ada kaitannya dengan peperangan, permusuhan dan perselisihan. Kalau dalam kondisi perang akan mengalami kesulitan makanan, tempat tinggal, orang akan kehilangan mata pencaharian, harga bahan pangan melonjak naik, akan muncul berbagai penyakit dan pasti juga akan mengalami keterbatasan dan kekurangan obat-obatan. Semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

.

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…..!!

 

Oleh. Pdt. Paulus Timang, M.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *