RUT, PEREMPUAN YANG SETIA PADA KELUARGA

SURAT GEMBALA

Minggu, 10 MEI 2020

RUT, PEREMPUAN YANG SETIA PADA KELUARGA

 

Tetapi kata Rut : “ Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab kemana engkau pergi kesitu jugalah aku pergi, dan dimana engkau bermalam, disitu jugalah aku bermalam; bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku.”

Rut 1 : 16.

Oleh karena kelaparan yang terjadi ditanah Israel, Elimelekh membawa Rut isterinya bersama Marlon dan Kilyon anaknya pergi ke tanah Moab dan tinggal disana sebagai orang asing (Rut 1 : 1). Setelah Elimelekh mati, Naomi tinggal bersama kedua anak laki-lakinya yang akhirnya mengambil Orpa dan Rut perempuan Moab sebagai isteri.  Setelah Marlon dan Kilyon mati, Naomi memutuskan untuk pulang ke Betlehem Yehuda. Oleh karena kedua anaknya telah mati, maka Orpa dan Rut sesungguhnya memiliki kebebasan untuk kembali kepada keluarga mereka dan mengambil laki-laki sebagai suami mereka. Ditengah perjalanan Naomi meminta kedua menantunya untuk meninggalkan dia dan kembali kepada keluarga mereka masing-masing. Orpa meminta diri dan pulang kepada keluarganya, tetapi Rut memutuskan untuk tetap mengikuti Naomi, yang adalah seorang janda miskin yang tidak memiliki apapun yang dapat diharapkan. Artinya, kesetiaan Rut kepada Kilyon suaminya ditunjukannya kepada Naomi mertuanya, meskipun suaminya telah mati.Tidak ada sesuatupun yang diharapkan Rut atas kesetiaannya kepada Naomi. Setiap kita haruslah ingat bahwa waktu kita mengikrarkan kesetiaan kepada suami atau isteri kita, sesungguhnya kita juga mengikrarkan KESETIAAN kepada KELUARGA pasangan kita. Dalam pengertian Sosiologi, KELUARGA terbagi dalam dua kelompok yaitu keluarga inti (keluarga Batih) yang terdiri dari Suami, isteri dan anak-anak, sementara keluarga besar terdiri dari Kakak, adik, Mertua dan keluarga dari suami atau isteri kita. Oleh sebab itu, kesetiaan kepada pasangan kita haruslah juga terlihat pada kesetiaan kita kepada keluarga pasangan kita. Papatah Inggris berkata : “LOVE ME, LOVE MY DOG” (Jika engkau mengasihi saya, engkau juga harus mengasihi anjing saya). Oleh sebab itu, pembentukan setiap keluarga SEHARUSNYA dimulai dari pengenalan yang baik akan keluarga dari calon isteri atau suami kita, bukan dilakukan secara sembunyi-sembunyi diluar pengetahuan keluarga kita.

Alkitab menekankan betapa pentingnya KESETIAAN. Amsal 20 : 6 : Banyak orang menyebut diri BAIK HATI, tetapi orang yang SETIA siapakah menemukannya. Ingatlah : Orang baik belum tentu setia, tetapi orang yang setia pastilah baik. Amsal 19 : 22 : Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah KESETIAANNYA; lebih baik orang miskin daripada seorang pembohong. Pertanyaan : Apa yang terpenting bagi saudara dalam menilai pasangan atau calon pasangan hidup saudara; harta atau penampilannya ataukah KESETIAAN nya? Kesetiaan dalam melakukan Firman Tuhan akan membuat Tuhan MENGANGKAT kita (Ulangan 28 :1), Kesetiaan SAMPAI MATI akan membuat Tuhan mengaruniakan mahkota kehidupan kepada kita (Wahyu 2 : 10).

Ada beberapa hal yang merupakan tanda dari perempuan yang setia kepada keluarga;

  1. Hanya memikirkan dan melakukan apa yang baik bagi keluarganya. Amsal 31 : 12 : Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat SEPANJANG UMURNYA, bukan musiman atau sewaktu-waktu.
  2. Fokus pada kesejahteraan SEISI RUMAHNYA. Amsal 31 : 13-15 : Ia mencari bulu domba dan rami dan senang bekerja dengan tangannya. Ia serupa kapal-kapal saudagar, dari jauh ia mendatangkan makanannya. Ia bangun kalau masih malam, ia menyediakan makanan untuk SEISI RUMAHNYA. Ia membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.
  3. Memikirkan dan merencanakan kesejahteraan masa depan keluarganya. Amsal 31 : 16 : Ia membeli SEBUAH LADANG yang diigininya; dan dari hasil tangannya kebun anggur ditanaminya.
  4. Membuat suaminya (anggota keluarganya) dikenal dimuka umum. Amsal 31 :23 : Suaminya dikenal dipintu gerbang kalau ia duduk bersama-sama para tua-tua negeri. Pertanyaan : Apakah anda ingin suami dan anggota keluargamu dikenal, atau anda sendiri yang ingin dikenal?

Apakah anda termasuk Perempuan yang SETIA kepada keluarga ?

Selamat Hari Minggu, Selamat Beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua…..

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *