KESAKSIAN YUSUF DI MESIR

Yusuf memiliki kesaksian yang LUAR BIASA saat berada di tanah Mesir. Alkitab mencatat saat usia 17 tahun Yusuf sudah tinggal di tanah Mesir, berawal mula saat Yusuf di jual oleh saudara-saudaranya ke tanah Mesir. (Kejadian 37:2-28) Yusuf mencapai usia lanjut sampai 110 tahun. “Kemudian matilah Yusuf, berumur seratus sepuluh tahun. Mayatnya dirempah-rempah dan ditaruh dalam peti di Mesir.” (Kejadian 50:26) Selama 93 tahun berada di tanah Mesir Yusuf memiliki kesaksian yang luar biasa.

Kesaksian Yusuf Di Tanah Mesir Yang Menjadi Berkat :

1. Yusuf Konsisten Menjaga Kesucian Hidup

“Selang beberapa waktu isteri  tuannya memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya : “Marilah tidur dengan aku.” Tetapi Yusuf menolak dan berkata kepada isteri  tuannya itu : “Dengan bantuanku tuanku itu tidak lagi mengatur apa yang ada di rumah ini dan ia telah menyerahkan segala miliknya pada kekuasaanku, bahkan di rumah ini ia tidak lebih besar kuasanya dari padaku, dan tiada yang tidak diserahkannya kepadaku selain dari pada engkau, sebab engkau isterinya. BAGAIMANAKAH MUNGKIN AKU MELAKUKAN KEJAHATAN YANG BESAR INI DAN BERBUAT DOSA TERHADAP ALLAH. Walaupun dari hari ke hari perempuan itu membujuk Yusuf, Yusuf tidak mendengar kan bujukannya itu untuk tidur di sisinya dan bersetubuh dengan dia.” (Kejadian 39:7-9) 

2. Yusuf Mendeklarasikan Imannya Di Hadapan Juru Minum / Roti Dan Raja Firaun.

“Jawab mereka kepadanya : “Kami bermimpi, tetapi tidak ada orang yang dapat mengartikannya.” Lalu kata Yusuf kepada mereka : “BUKANKAH ALLAH YANG MENERANGKAN ARTI MIMPI ? Ceritakanlah kiranya mimpi itu kepadaku.” (Kejadian 40 : 8)

“Berkatalah Firaun kepada Yusuf : “Aku telah bermimpi dan seorang pun tidak ada yang dapat mengartikannya, tetapi telah kudengar tentang engkau : hanya dengan mendengar mimpi saja engkau dapat mengartikannya.” Yusuf menyahut Firaun : “Bukan sekali-kali aku, MELAINKAN ALLAH JUGA YANG AKAN MEMBERITAKAN KESEJAHTERAAN KEPADA TUANKU FIRAUN.” (Kejadian 41:15-16)

3. Yusuf Selalu Menjadi Berkat Dalam Semua Statusnya Di Tanah Mesir.

a.    Sebagai Budak di Rumah Potifar. (Kejadian 39 : 2-4)

b.    Sebagai Tahanan Dalam Penjara. (Kejadian 39:20-23)

c.    Pemimpin Di Tanah Mesir. (Kejadian 41:46-57)

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *