DIHIDUPKAN OLEH ROH-NYA (Roma 8 : 11)

DIHIDUPKAN OLEH ROH-NYA

Dan jika Roh Dia, yang membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam didalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, AKAN MENGHIDUPKAN JUGA TUBUHMU YANG FANA ITU OLEH ROH-NYA, yang diam didalam kamu.

Roma 8 : 11

Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa setelah manusia makan buah pohon Pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat (Melanggar Firman Allah dan memilih untuk mendengarkan iblis dan melakukan dosa), sejak saat itu secara rohani, ROH MANUSIA MENGALAMI KEMATIAN. Kejadian 2 : 17 : Tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, SEBAB PADA HARI ENGKAU MEMAKANNYA PASTILAH ENGKAU MATI. Kematian Rohani yang dimaksudkan dalam bagian ini sesungguhnya disebabkan oleh 3 (Tiga) hal berikut ini, yaitu :

  1. Manusia hidup dalam kutukan (Kejadian 3 : 16-19), Perempuan melahirkan dengan susah payah yang sangat banyak, Tanah akan terkutuk, Manusia mencari rejeki dengan susah payah, Manusia akan mati (Kembali menjadi debu)
  2. Manusia diusir dari Taman Eden, Hidup terpisah dari Allah (Kejadian 3 : 23). Terpisah dari Allah membuat manusia hidup bersatu dengan Iblis dan berjalan menuju Kematian Kekal.
  3. Manusia mewarisi TABIAT DOSA dan Roh manusia TUNDUK kepada dosa. Kejadian 6 : 5 : Ketika dilihat Tuhan bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa SEGALA KECENDERUNGAN HATINYA MEMBUAHKAN KEJAHATAN SEMATA-MATA.

Manusia tidak mungkin dapat melepaskan diri dari kekuasaan dosa yang didalamnya Iblis memerintah. Iblis MENGUASAI DAN MENGENDALIKAN ROH MANUSIA yang akan mempengaruhi pikiran dan tindakan manusia untuk melakukan apa yang jahat. Hanya ada dua (2) Roh yang dapat mengendalikan Roh manusia, yaitu ROH ALLAH dan ROH JAHAT (Iblis). Roh apa yang menguasai dan mengendalikan roh manusia akan mengendalikan Pikiran, Keinginan dan tindakan manusia.

Kuasa Allah yang membangkitkan Kristus dari antara orang mati akan MEMBANGKITKAN dan MENGHIDUPKAN KEMBALI roh manusia yang telah MATI dan DIKENDALIKAN oleh dosa, sehingga manusia memiliki kuasa atas dosa dan tidak lagi menjadi HAMBA DOSA. Roma 8 : 15 Sebab kamu tidak menerima ROH PERBUDAKAN YANG MEMBUAT KAMU TAKUT LAGI, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu ANAK ALLAH. Oleh Roh itu kita berseru : “Ya Abba, ya Bapa!”

Agar roh kita dibangkitkan dan hidup bersama Kuasa Kebangkitan Yesus; kita harus :

  1. Percaya dan menerima Yesus (Roh Allah) didalam diri kita. Mengijinkan Roh Allah DIAM DIDALAM DIRI KITA (Roma 8 : 11). Orang yang sungguh Percaya dan Menerima Yesus MEMILIKI KUASA ALLAH didalam dirinya (Lukas 10 : 20; Markus 16 : 17).
  2. Kita harus MEMATIKAN KUASA DOSA didalam diri kita dengan MENGAKU DOSA itu ( I Yohanes 1 : 9). Ingatlah bahwa DOSA MERUPAKAN SUMBER DARI SEMUA MASALAH umat manusia. Dosa harus diselesaikan!!
  3. Kita harus selalu MEMBAWA KEMATIAN KRISTUS didalam diri kita, supaya TUBUH DOSA KITA hilang kuasanya (Roma 6 : 5-6). Kita tidak akan lagi MENGHAMBAKAN DIRI kepada dosa.

Kuasa Kebangkitan Kristus sanggup Membangkitkan dan memulihkan kembali Roh kita yang sudah dikuasai dan dikendalikan oleh dosa. Pemulihan Roh kita akan memulihkan : Keinginan, Pikiran dan kelakuan kita. Pulihkan Roh mu, maka seluruh kehidupan mu akan pulih.

Selamat beribadah, Selamat hari Paskah, Tuhan Yesus memberkati…….Shalom…..!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *