DEWASA DALAM MENGATUR EKONOMI KELUARGA

Sebab siapakah diantara kamu yang jikalau mau mendirikan sebuah menara tidak DUDUK DAHULU MEMBUAT ANGGARAN BIAYANYA, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu,

Lukas 14 : 28.

Segala sesuatu haruslah di atur dan direncanakan dengan baik, termasuk Ekonomi keluarga. Kegiatan Ekonomi keluarga adalah suatu USAHA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA. Secara Ekonomi, Kebutuhan hidup dibagi dalam 3 (Tiga) kelumpok, yaitu : Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan kebutuhan Tersier. Kebutuhan Primer adalah kebutuhan dasar seperti Makanan, Pakaian dan Perumahan, yang kalau tidak dipenuhi akan berdampak bagi kelangsungan hidup manusia, sedangkan Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan sebagai Penopang hidup seperti Kendaraan, Peralatan Elektronik, yang kalaupun belum bisa dipenuhi, tidak berdampak pada kelangsungan hidup. Sementara kebutuhan Tersier adalah kebutuhan akan fasilitas atau barang mewah dengan tujuan untuk memenuhi selera dan harga diri serta gaya hidup manusia.

Alkitab menegaskan sesungguhnya kebutuhan dasar manusia adalah Makanan dan Pakaian (ITimotius 6 : 8). Akan tetapi manusia umumnya tidak hanya bekerja untuk apa yang akan dimakan dan dipakai, tetapi untuk hal-hal lain yang berkaitan dengan kemewahan dan harga diri. Pengaturan Ekonomi keluarga seharusnya didasarkan atas APA YANG DIBUTUHKAN, bukan atas APA YANG DIINGINKAN.

Untuk dapat dewasa dalam mengatur ekonomi keluarga,  kita seharusnya memperhatikan 4 (Empat) hal berikut ini, yaitu :

  1. Mengenal Sumber dan Kekuatan keuangan kita (Filipi 4 : 11)
  2. Mengenali dan membedakan antara Kebutuhan dan Keinginan ( Filipi 4 : 19 )
  3. Merencanakan dan membuat Investasi ( Amsal 31 : 16 )
  4. Melayani dan Berbagi dengan orang lain ( Amsal 22 : 9 )

Uang yang banyak tidak menjamin kehidupan ekonomi keluarga yang baik dan tercukupi. Ingatlah bahwa : Sekecil apapun uangnya akan cukup bila digunakan untuk hidup, tetapi sebanyak apapun uangnya tidak akan pernah cukup untuk memenuhi Gaya Hidup. Pengkhotbah 5 : 11 mengingatkan : Dengan bertambahnya harta bertambah pula orang yang menghabiskannya, dan apakah keuntungan Pemiliknya selain melihatnya. Pastikan kita mencukupkan diri dengan apa yang ada pada kita saat ini. Mari kita belajar MENCUKUPKAN DIRI DALAM SEGALA KEADAAN ( Filipi 4 : 11 )

Selamat Hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…….!!!

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *