RESPON UMAT MANUSIA TERHADAP NATAL (FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA)

SURAT GEMBALA

Minggu, 01 Desember 2019

RESPON UMAT MANUSIA TERHADAP NATAL(FIRMAN YANG MENJADI MANUSIA) 

YOHANES 1 : 1-14

 

          Syalom, Puji Tuhan..Kita pada hari ini telah memasuki bulan Natal. Badan Pengurus Pusat Harian Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) telah menetapkan tema Natal nasional yakni “Ia Datang Kepada milik Kepunyaan-Nya” (Yoh 1:11). Tema ini akan terus digemakan dalam Kebenaran Firman Allah yang hidup. Dalam minggu pertama ini kita akan merenungkan bersama tentang : “Respon umat manusia (milik kepunyaan Allah) terhadap Natal (Firman yang menjadi manusia menurut Injil Yohanes 1:1-14”. Pada umumnya kita telah melihat bagaimana respon setiap pribadi terhadap Natal. Jemaat Tuhan, menghiasi gereja dengan ornamen-ornamen yang indah, pohon Natal dll (ada budget khusus untuk dekorasi). Dunia art dan intertainment, hampir semua artis atau tokoh masyarakat, politik  menyanyikan lagu Natal. Dunia bisnis, menghiasi mall-mall dengan pernak pernik Natal dan memperdengarkan lagu Natal, promo Natal dll. Golongan tertentu, menolak mengucapkan selamat Natal dan di kota-kota besar para preman dan yang lainnya berkesempatan mendapatkan THR Natal. Di daerah-daerah tertentu melarang perayaan Natal. Ada aliran gereja tertentu tidak merayakan Natal. Paling tidak ada
ada 3 respon umat manusia terhadap Natal (Firman yang menjadi manusia) menurut Yohanes 1:1-14 :

  1. Pertama, Tidak mengenal Yesus(1-10,14). Manusia hidup dalam kegelapan (5). para gembala—dalam kasih karunia Allah diperkenalkan dan disampaikan berita sukacita itu (Luk 2:11). Yusuf—diperkenalkan Tuhan melalui mimpi (Mat 1:20). Maria—diperkenalkan Tuhan melalui malaikat Gabriel (Luk 1:26-38). setiap pribadi yang telah diterangi hati, pikirannya oleh Kristus wajib memperkenalkan Firman yang telah menjadi manusia itu. Siapakah Kristus sang penerang itu ?
  2. Kristus adalah Firman Allah yang kekal, Yohanes 1:14a

            – Dan Ia memakai jubah yang telah dicelup dalam darah dan nama-Nya ialah: “Firman Allah.”Wahyu 19:13;

           – Pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya… Oleh Dia Allah telah                menjadikan alam semesta” (Ibrani 1:2).

  1. Kristus adalah Firman Allah yang berinkarnasi, Yohanes 1:14b. Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat” (Galatia 4:4).
  2. Kristus adalah Firman Allah yang dapat dilihat, Yohanes 1:14c;
    • Pada mulanya adalah Firman..  Firman itu bersama-sama dengan Allahdan Firman itu adalah Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan (Yohanes 1:1, 3)
    • Apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati (Yeremia 29:13).
    • Kedua, Menolak Yesus (11). milik kepunyaan tidak menerima…bangsa Israel..imam-imam dan ahli-ahli Taurat (Mat 2:4-5) para bisnisman/bisnis women, tempat penginapan/hotel (Luk 2:7) pemerintah mengalami ketakutan dan terkejut….Herodes (Mat 2:3). penolakan orang sekampung (Nazaret). Yoh 4:44, Mat 13:57.
    • Ketiga, menerima Yesus (12-14). diberi kuasa (12)….kekuatan dan kemampuan. menjadi anak-anak Allah (12)—status. mempercayakan hidup kepada Yesus (12)—Iman melakukan keinginan/kehendak Allah (13)—hidup kudus. menerima Firman yang menjadi manusia, tinggal di antara kita dan penuh kemuliaan, penuh kasih dan kebenaran (14)—memiliki buah yang dihasilkan sebagai bukti menerima Yesus menjadi Tuhan dan juruselamat secara pribadi.

Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati.

Oleh : Pdt. Paulus Timang, M.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.