PRIORITAS WAKTU BAGI TUHAN:CARILAH TUHAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 03 Januari 2021

PRIORITAS WAKTU BAGI TUHAN:CARILAH TUHAN

 

I Tawarikh 16 :11  Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu!

Shalom Jemaat Tuhan, Bersyukur kepada Tuhan kita semua dapat merayakan Natal dan memasuki tahun baru 2021 dengan sehat dan selamat. Semuannya hanya karna kasih karunia Tuhan bagi kita. Tema umum sepanjang tahun 2021 ialah “Orang Kristen yang menjadi berkat dalam pengorbanan” (Kej 12:1-2) sedangkan tema bulan Januari  ialah Pengorbanan adalah Pondasi untuk menjalani hidup sepanjang tahun 2021 (Maz 126:5). Salah satu pengorbanan yang dibahas diminggu pertama ini ialah “Prioritas waktu bagi Tuhan” (I Taw 16:11).

Mengapa penting dibahas? karena kecendrungan  mencari dan mengejar  untuk mencari  hal-hal yang ditawarkan dunia. Mencari hal  yang bersifat sementara dan hanya dengan memprioritaskan waktu bagi Tuhan kita tidak kecewa.  Bukti pribadi yang memprioritaskan waktu bagi Tuhan ialah selalu mencari Tuhan dalam segala sesuatu. ARTINYA Cari Tuhan dan kekuatanNya carilah wajahNya. Cari dengan tujuan untuk menemukan KekuatanNya : kuasaNya kemampuanNya. WajahNya : hadiratNya, pribadiNya

PENTING MENCARI TUHAN :  HANYA DENGAN MENCARI AKAN MENEMUKAN DIA. 2 Tawarikh 15 : 2  …… Bilamana kamu mencari-Nya, Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkan-Nya, kamu akan ditinggalkan-Nya. HANYA DENGAN MENCARI AKAN DIPUASKAN. Mazmur 34:11 Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik. HANYA  DENGAN CARI  KITA HIDUP. Amos 5:6  Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup, Menikmati hidup di dunia dan Menikmati hidup dalam kekekalan. HANYA DENGAN MENCARI  KITA BERSUKA HATI. Mazmur 105:3  Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersuka hati orang-orang yang mencari TUHAN!

CARA MENCARI TUHAN. Paling tidak ada 3 cara yang di tawarkan : Pertama, MEMATUHI TUHAN DAN PERINTAHNYA. 2 Tawarikh 14:4  Ia memerintahkan orang Yehuda supaya mereka mencari TUHAN, Allah nenek moyang mereka, dan mematuhi hukum dan perintah. Siapa?  ASA raja YEHUDA yang ke-3. Sifatnya : Raja yang baik /benar dimata Tuhan. Ia menjauhkan mezbah-mezbah asing dan bukit-bukit pengorbanan, memecahkan tugu-tugu berhala, dan menghancurkan tiang-tiang berhala. Bebaskan segala kota di Yehuda dari penyembahan berhala. PERINTAHNYA : Orang Yehuda supaya mereka mencari TUHAN, CARANYA : mematuhi hukum dan perintah. AKIBATNYA :   Kerajaanpun aman di bawah pemerintahannya. Kedua, BERDOA DAN BERPUASA. 2 Tawarikh 20:3  Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa. bani Moab dan bani Amon datang berperang melawan Yosafat. Lihatlah, sebagai pembalasan mereka datang mengusir kami dari tanah milik yang telah Engkau wariskan kepada kami. dibuat Tuhanlah penghadangan terhadap bani   Amon dan Moab, dan orang-orang dari pegunungan Seir, yang hendak menyerang Yehuda, sehingga mereka terpukul kalah. Yang mereka rampas itu lebih banyak dari pada yang dapat dibawa. Tiga hari lamanya mereka menjarah barang-barang itu, karena begitu banyaknya. Ketiga, DENGAN PUJIAN DAN PENYEMBAHAN. 1 Taw 16:7 Kemudian pada hari itu juga, maka Daud untuk pertama kali menyuruh Asaf dan saudara-saudara sepuaknya menyanyikan syukur bagi TUHAN: 1Taw 16:11  Carilah TUHAN dan kekuatan-Nya, carilah wajah-Nya selalu! Perintah Raja Daud kepada Umat Israel. Bagaimana mereka mencari Tuhan? Pujian dan Penyembahan.

             PUJIAN DAN PENYEMBAHAN  DALAM MENCARI TUHAN.  Raja Daud menyadari pentingnya setiap orang mencari Tuhan. Tahu cara untuk mencari Tuhan ialah dengan penyembahan dan pujian. Pertama, Pujian dan Penyembahan bagian korban kepada Tuhan (I Taw 16:1-2). Ay 1: Tabut Allah itu dibawa masuk, lalu diletakkan di tengah-tengah kemah yang dipasang Daud untuk itu, kemudian mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan Allah. Ay 2:  Setelah Daud selesai mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, diberkatinyalah bangsa itu demi nama TUHAN. Diangkat pelayan penyembah dan Pujian. Penyembahan dan Pujian ada bagian dari korban (Ibadah). Kedua, Penyembahan dan Pujian ditata dan dipersiapkan (I Taw 16:4-10). Hal-hal yang dilakukan : Mentetapkan kelompok yang layak melayani : Pertama, Siapa yang diangkat melayani? Ayat 4  Juga diangkatnya dari orang Lewi itu beberapa orang sebagai pelayan di hadapan tabut TUHAN untuk memasyhurkan TUHAN, Allah Israel dan menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi-Nya.

Orang Lewi : Orang-orang Lewi (anggota suku Lewi) mempunyai tugas khusus dalam menyelenggarakan ibadah di Bait Suci. Pelayanan Penyembahan dan Pujian adalah pelayanan dan dilayani oleh orang yang diasingkan khusus untuk melayani. A. Mengorganisir Pelayan Penyembahan dan Pujian (1) Menunjuk  Penanggung jawab Ay 5  Kepala ialah Asaf dan sebagai orang kedua ialah Zakharia ; Siapa Asaf : Ahli  menyanyi :  Berdiri dekat tabut Tuhan untuk memuji Tuhan melayani tiap hari. Ahli memainkan ceracap (1Taw 16:5). Buah karya Asaf ; 2Taw 29:30; Maz 50:1-23; 73:1-83:18. Maz  50: Mazmur pemujaan kepada Tuhan. Mazmur 50:15  Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku.” Sela. (2) Menunjuk anggota Tim. Ay 5-6 : lalu Yeiel, Semiramot, Yehiel, Matica, Eliab, Benaya, Obed-Edom dan Yeiel yang harus memainkan gambus dan kecapi, sedang Asaf harus memainkan ceracap  dan Benaya serta Yahaziel, imam-imam itu, selalu harus meniup nafiri di hadapan tabut perjanjian Allah itu. setiap anggota dengan alat yang dimainkan . 8 orang main  (gambus dan kecapi. Asaf memainkan rebana. Ada yang meniup nafiri. (3). Menetapkan Visi pujian dan penyembahan ayat 4  Juga diangkatnya dari orang Lewi itu beberapa orang sebagai pelayan di hadapan tabut TUHAN untuk memasyhurkan TUHAN, Allah Israel dan menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi-Nya. Memasyurkan Tuhan dan Menyanyikan syukur dan puji-pujian bagiNya. B. MENETAPKAN UNSUR YANG ADA DALAM PENYEMBAHAN DAN PUJIAN: Ay 8  Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa! Ay 9  Bernyanyilah bagi-Nya, bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib! Ay 10  Bermegahlah di dalam nama-Nya yang kudus, biarlah bersukahati orang-orang yang mencari TUHAN!

Selamat Hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…..!!

Oleh : Pdt. Paulus Timang, M.Th

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *