PERSIAPAN ALLAH UNTUK KELAHIRAN YESUS

Tetapi SETELAH GENAP WAKTUNYA, Allah mengutus anak-Nya yang lahir dari seorang perempuan.

Galatia 4 : 4

Shalom……

Oleh karena anugerah Tuhan, kita dalam tahun ini masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk merayakan Natal, untuk memperingati peristiwa Kelahiran Yesus Kristus kedalam dunia ini.

Peristiwa Natal bukanlah suatu peristiwa biasa yang terjadi secara kebetulan sebagai Fenomena alam. Alkitab memberikan bukti bahwa Peristiwa Natal (Kelahiran Yesus) sesungguhnya telah direncanakan dan diumumkan oleh Allah ratusan tahun sebelumnya, bahkan sesaat setelah manusia jatuh kedalam dosa. Allah mengetahui bahwa MANUSIA TIDAK MUNGKIN melepaskan diri dari cengkeraman kuasa Iblis jikalau Allah tidak bertindak untuk menyelamatkan manusia, dan karena itulah peristiwa Natal terjadi.

Dalam Kejadian 3 : 15, sesaat setelah manusia jatuh kedalam dosa, Allah telah merencanakan akan lahir KETURUNAN DARI PEREMPUAN (Yesus) yang akan meremukkan kepala Ular (Iblis) itu. Selanjutnya Dalam Yesaya 7 : 14 Allah mengumumkan SEORANG PEREMPUAN MUDA AKAN MENGANDUNG dan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan dinamakan Imanuel. Melalui Nabi Mikha, Allah mengumumkan bahwa Yesus akan dilahirkan di Betlehem Efrata (Mikha 5 : 1). Semua nubuatan tentang kelahiran Yesus ini diumumkan Allah lebih dari 400 tahun sebelum peristiwa kelahiran Yesus terjadi, dan SETELAH GENAP WAKTUNYA, Peristiwa Natal (Kelahiran Yesus) digenapi dengan sempurna. Yesus dilahirkan dari seorang perawan yang bernama Maria di kota Betlehem, Efrata.

Untuk menggenapi nubuatan tentang kelahiran Yesus, Allah mempersiapkannya melalui hal-hal berikut ini :

  1. Allah menggunakan TOKOH dan KEBIJAKAN POLITIK dunia. Dalam Lukas 2 : 1, untuk kepentingan mengetahui jumlah penduduk diseluruh daerah jajahan Romawi, Kaisar Agustus mengeluarkan perintah untuk mengadakan cacah jiwa (sensus penduduk), yang MENGHARUSKAN Yusuf dan Maria yang tinggal di Nazaret (Berjarak 145 km dari Betlehem), untuk pergi ke Betlehem supaya didaftarkan di kota asal keluarga Yusuf sebagai keturunan Daud. Dan KETIKA MEREKA DI BETLEHEM, tibalah waktu bagi Maria untuk bersalin (Lukas 2 : 6).
  2. Allah MENGGUNAKAN PRIBADI TERTENTU, yaitu Yusuf dan Maria.
  3. Allah menggunakan TEMPAT TERTENTU, yaitu sebuah kandang ternak (Lukas 2 : 7).

Hal ini menunjukkan betapa Allah berdaulat dan mengendalikan TOKOH dan KEBIJAKAN POLITIK DUNIA untuk mengganapi Firman-Nya. Allah juga menggunakan pribadi tertentu dan tempat tertentu yang menunjukkan setiap PRIBADI YANG TULUS dan RENDAH HATI seperti Yusuf dan Maria serta TEMPAT TERTENTU yang menunjukkan bahwa KEMUALIAAN ALLAH TIDAK DAPAT DIKURANGI OLEH TEMPAT DAN KEADAAN, justru KEHADIRAN YESUS SANG NATAL ITU menjadikan Pribadi dan Tempat yang sederhana itu MENJADI BERNILAI dan BERHARGA. Pastikan Yesus sang Natal itu lahir didalam diri dan keluarga kita, sehingga kemuliaan Allah

Pertanyaan bagi kita saat ini : Apakah yang menjadikan hidup kita BERNILAI dan BERHARGA saat ini? Menghadapi isu-isu Politik saat ini apakah kita percaya bahwa ALLAH BERDAULAT ATAS POLITIK DAN TOKOH POLITIK DUNIA SAAT INI, dan SEMUA KEBIJAKAN POLITIK DUNIA sedang bergerak untuk mewujudkan RENCANA ALLAH bagi negeri ini?

Gereja HARUS BERDAULAT DIATAS POLITIK. Gereja jangan diombang-ambingkan apalagi sampai terpecah belah oleh karena Politik. Daniel 2 : 21 : Dia (Tuhan) mengubah saat dan waktu. Dia MEMECAT RAJA DAN MENGANGKAT RAJA. Dia memberikan hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian.

Selamat hari Minggu, selamat Hari Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 2024. Tuhan Yesus memberkati kita semua………Shalom….!!!

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *