PERGILAH…..MEMBERKATI SELURUH KAUM DAN BANGSA

SURAT GEMBALA

Minggu, 06 Agustus 2023.

 

PERGILAH…..MEMBERKATI SELURUH KAUM DAN BANGSA.

 

Berfirmanlah Tuhan kepada Abram : “Pergilah dari NEGERIMU dan dari SANAK SAUDARAMU dan dari RUMAH BAPAMU ini ke negeri yang akan Kutujukkan kepadamu. AKU AKAN MEMBUAT ENGKAU menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyur; dan ENGKAU AKAN MENJADI BERKAT. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan OLEHMU SEMUA KAUM DI MUKA BUMI AKAN MENDAPAT BERKAT.”

Kejadian 12 : 1-3

 

Firman Allah kepada Abram ini sesungguhnya sama seperti apa yang disampaikan oleh Yesus dalam Perintah untuk memberitakan Injil (Amanat Agung). Yesus mendekati mereka dan berkata : “ Kepada-Ku telah diberikan kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, JADIKANLAH SEMUA BANGSA MURID-KU dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Artinya : VISI ALLAH ADALAH MENYELAMATKAN DAN MEMBERKATI SELURUH UMAT MANUSIA.

Untuk bisa menjadi berkat bagi seluruh bangsa, ada persyaratan yang Tuhan minta dari Abram, yaitu :

  1. Pergi dari NEGERINYA; artinya dia HARUS KELUAR dari lingkungan dan cara pikir kedaerahan, kesukuan dan cara berpikir yang sempit.
  2. Pergi dari SANAK SAUDARANYA; artinya Abram harus keluar dari pikiran KEKELUARGAAN yang sempit. Menjadikan sumua bangsa sebagai keluarga. Manusia termasuk orang Kristen yang selalu berpikir atas dasar kekeluargaan dan hubungan darah PASTI TIDAK AKAN BISA menjadi berkat bagi seluruh bangsa.
  3. Abram harus pergi dari RUMAH BAPANYA; artinya Abram harus memberi diri DIPIMPIN dan DIATUR oleh Tuhan. Rencana Tuhan belum pasti selalu sama dengan rencana bapanya bagi Abram. Hal yang sama terjadi dengan Yusuf ketika Tuhan mempersiapkan dia untuk menjadi penguasa di Mesir, dengan proses yang panjang dan menyakitkan Tuhan memisahkan dia dari rumah bapanya Yakub yang sangat mengasihi Yusuf dan telah membuatkan baginya sebuah JUBAH YANG MAHA INDAH (Kejadian 37 : 3).

Tuhan tidak hanya memanggil Abram keluar dari Negeri, Sanak saudara dan rumah bapanya, tetapi Allah menjanjikan BERKAT dan PERLINDUNGAN bagi Abram.  Tuhan berjanji untuk : Membuat Abram menjadi bangsa yang besar, membuat namanya masyur dan menjadikan dia berkat. Tuhan menjanjikan perlindungan bagi Abram bukan hanya dari ancaman fisik, Tuhan bahkan melindungi Abram dari ancaman PIKIRAN dan PERKATAAN yang jahat dengan berkata : Aku akan MEMBERKATI orang-orang yang memberkati engkau, dan MENGUTUK orang- orang yang mengutuk engkau. Suatu janji berkat dan perlindungan yang sangat sempurna.

Pertanyaan hari ini : Apakah kita ingin untuk menjadi berkat untuk seluruh bangsa? Kalau kita ingin menjadi berkat untuk lebih banyak orang, kita harus berani keluar dari PEMIKIRAN PRIMORDIAL YANG SEMPIT yaitu pikiran : Kesukuan (Kedaerahan), Kekeluargaan (Pertalian darah) dan rencana yang sempit dan terbatas yang hanya berfokus kepada rumah tangga kita.

Pastikan kita siap pergi untuk memberkati dan menyelamatkan seluruh Kaum dan Bangsa.

 

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati, Shalom…….!!

 

Oleh : Pdt. RUSTAM MILING, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *