PEREMPUAN YANG BERBUAT BAIK DALAM KELUARGA DAN SESAMA

SURAT GEMBALA

Minggu, 17 MEI 2020

PEREMPUAN YANG BERBUAT BAIK DALAM KELUARGA DAN SESAMA

 

Berbuat baik adalah suatu perintah Tuhan bagi setiap manusia ciptaan-Nya.  Efesus 2:10 “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus UNTUK MELAKUKAN PEKERJAAN BAIK, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Berbuat baik adalah bukti nyata buah pertobatan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang sudah menerima keselamatan ketika percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat secara pribadi.  1 Yohanes 3:9 “Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi, sebab BENIH ILAHI tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.” MENUNDA atau MELALAIKAN Berbuat Baik adalah suatu perbuatan dosa dalam pandangan Tuhan. Yakobus 4:17 “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, IA BERDOSA.”

Abigail adalah Potret seorang Isteri dan Perempuan yang KONSISTEN  berbuat baik DALAM KELUARGA dan  bagi SESAMA.

1. Bagaimanakah Perbuatan Baik Abigail Dalam Keluarga

      a. Abigail Senantiasa Berbuat Baik Meskipun Suaminya Nabal Perilakunya Jahat

1 Samuel 25:3 “Nama orang itu Nabal dan isterinya Abigail. Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-laki itu kasar dan jahat kelakuannya. Ia seorang keturunan Kaleb.”  1 Samuel 25:17b “…Dan ia seorang yang dursila, sehingga orang tidak dapat berbicara dengan dia.” Perilaku suaminya Nabal yang: kasar, jahat, serta dursila  tidak melunturkan kebaikan Abigail terhadap suaminya.

Alangkah senangnya kita berbuat baik kepada orang yang sudah terlebih dahulu berbuat baik kepada kita. Pertanyaannya bagaimanakah sikap kita, ketika kebaikan yang kita berikan tetapi dibalas dengan kejahatan..? Masihkah kebaikan itu memancar dalam kehidupan kita? Abigail adalah tipe isteri yang CAKAP yang nilainya lebih dari Permata.  Amsal 31:10,12 “Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. “Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat sepanjang umurnya.”

      b. Abigail Rela Mempertaruhkan Nyawa Demi Menyelamatkan Suami

1 Samuel 25:24 “Ia sujud pada kaki Daud serta berkata: “Aku sajalah, ya tuanku, yang MENANGGUNG KESALAHAN ITU. Ijinkanlah hambamu ini berbicara kepadamu, dan dengarkanlah perkataan hambamu ini.”

      c. Abigail Memiliki Peran Penting Dalam Kemajuan Usaha keluarga

1 Samuel 25:2-3 “Ketika itu ada seorang laki-laki di Maon, yang mempunyai perusahaan di Karmel. Orang itu sangat kaya: ia mempunyai tiga ribu ekor domba dan seribu ekor kambing. Ia ada di Karmel pada pengguntingan bulu domba-dombanya. Nama orang itu Nabal dan nama isterinya Abigail. Perempuan itu bijak dan cantik, tetapi laki-laki itu kasar dan jahat kelakuannya. Ia seorang keturunan Kaleb.”

2. Bagaimanakah Perbuatan Baik Abigail Bagi Sesama

      a. Abigail Mau Mendengar Saran Dan Nasihat Anak Buahnya (1 Samuel 25:14-17)

      b. Abigail Berbagi Berkat Makanan Untuk Daud Bersama Orang-Orangnya

1 Samuel 25:18 “Lalu segeralah Abigail mengambil dua ratus roti, dua  buyung anggur, lima domba yang telah diolah,  lima sukat bertih gandum, seratus buah kue kismis dan dua ratus kue ara, dimuatnyalah semuanya ke atas keledai.”  Puji-pujian pada isteri yang Cakap adalah dikenal sebagai perempuan yang suka berbuat baik bagi sesama. Amsal 31:20 “Ia memberikan tangannya kepada yang tertindas, mengulurkan tangannya kepada yang miskin.”

Setiap perbuatan baik yang dilakukan dengan tulus hati pasti akan mendapat ganjaran berkat dari Tuhan. Amsal 22:9 “Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.”

Galatia 6:9-10 “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman.”

Abigail adalah Perempuan yang selama hidupnya selalu berbuat baik mulai dari keluarga bahkan pada sesama. Alkitab mencatat Abigail tertulis merupakan salah satu dari isteri raja Daud, raja bangsa Israel yang sangat terkenal.

Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati.

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.