PENGORBANAN KEPONAKAN PAULUS KISAH PARA RASUL 23:16

SURAT GEMBALA

Minggu, 18 JULI 2021

 

PENGORBANAN KEPONAKAN PAULUS

KISAH PARA RASUL 23:16

 

Akan tetapi kemenakan Paulus, anak saudaranya perempuan, mendengar tentang penghadangan itu. Ia datang ke markas dan setelah diizinkan masuk, ia memberitahukannya kepada Paulus

Shalom, Kemenakan Paulus Yang tidak disebutkan namanya sangat penting bagi Pelayanan Rasul Paulus. Konteks ini berbicara tentang Pelayan Tuhan yang banyak mempertobatkan orang menghadapi berbagai tantangan pelayanan, secara khusus tantangan yang mengancam nyawanya.  Waktu di Yerusalem Paulus dituduh mengkhianati Hukum Taurat dan menghina Bait Allah. Paulus diseret, disesah  dan dipenjarakan(Kisah Para Rasul 22:22-24) Tuhan menguatkan hati Paulus dalam suatu Penyataan Khusus(Kisah Para Rasul 23:11) kemudian Tuhan memakai Keponakan Paulus untuk menyelamtkannya dari rencana jahat 40 orang lebih gerombolan Yahudi. Paling tidak ada dua pengorbanan Rasul Paulus menurut Kisah Para Rasul  23:16:

Pertama, Berkorban untuk Mendengar dengan teliti dan jelas. Keponakan Paulus mendengar dengan teliti pembicaraan komplotan orang-orang Yahudi berjumlah lebih dari 40 orang( Kisah Para Rasul 23:13)yang bersumpah mau membunuh Paulus. Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah(Yak 1:19). Mendengar yang baik tidak hanya mendengar kata-kata, tapi berusaha mengerti arti pesan yang dimaksud pembicara melalui kata-katanya. Kita mungkin mampu mengulangi dengan tepat setiap kata tapi tetap tidak mengerti artinya. Mendengar menjadi aspek penting dalam sebuah relasi. Saat seseorang bersedia mendengar, ia sudah menginvestasikan banyak hal di sana. Ia menyediakan waktu, membangun rasa hormat, terlebih lagi, ada hati untuk belajar memahami lawan bicara. Tuhan Yesus berkata: ”Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.” (Luk 8:21). Penekanannya, pendengar firman Allah adalah yang terdekat dengan Yesus.

Kedua, Berjuang menolong Pelayan Tuhan-Pemberita Firman. Keponakan Paulus adalah contoh pribadi anak yang telah memiliki Perjumpaan pribadi dengan Tuhan, hal ini dibuktikan dengan buah Roh yang ada padanya. Pribadi yang yang mengalami Tuhan dalam hidupnya pasti memiliki Roh yang taat atas keinginan Roh Kudus dalam hidupnya. Dia tahu apa yang harus diperbuat. Dia Menjumpai Paulus dipenjara.  Dalam perjalanan kepenjara luar biasa jauhnya untuk seorang anak. lalu ia minta izin dengan kepala penjara, kemudian setelah berjumpa dengan Rasul Paulus diceritakanlah semua rencana jahat dari gerombolan Yahudi lalu Paulus meminta Penjaga penjara untuk dengan segra menemui kepala Pasukan dengan berita  Ada informasi penting.  Anak kecil bisa menemui pamannya dipenjara lalu menemui kepala penjara dengan mudah semua karena Tuhan….jalan yang kelihatan sulit, Tuhan buat kemudahan bagi anak ini.

Selamat Hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua………!!

 

Oleh. Pdt. Paulus Timang, M.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *