PENCURAHAN ROH KUDUS

SURAT GEMBALA

Minggu, 31 Mei 2020

PENCURAHAN ROH KUDUS

(Kisah Para Rasul 1:8)

Hari Pentakosta artinya hari ke lima puluh setelah Paskah, dikenal sebagai hari raya Panen Gandum atau hari raya tujuh Minggu bagi bangsa Israel. (Imamat 23:15-16, Ulangan 16:9-10) Dalam Perjanjian Baru hari PENCURAHAN ROH KUDUS bertepatan dengan hari PENTAKOSTA bangsa Yahudi. Hari Pencurahan Roh Kudus terjadi 10 hari setelah kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.

  1. Pertanyaannya siapakah Roh Kudus? Roh Kudus adalah pribadi Allah dalam bentuk Roh. Dalam Kisah Para Rasul 16:6-7 Roh Kudus sama halnya dengan Roh Yesus. Dalam 1 Korintus 6:11 Roh Kudus juga disebut Roh Allah. Bukti Roh Kudus adalah Allah: 1. Roh Kudus Maha Tahu dan Maha Hadir. (Mazmur 139:1-10) 2. Roh Kudus Maha Pencipta (Kejadian 1:1-2) 3. Roh Kudus Maha Kekal/Abadi (Ibrani 9:14) 4. Roh Kudus Maha Kuat/Hebat. Alkitab mencatat kekuatan pribadi Roh Kudus sebagai Allah secara fisik dinyatakan dalam diri Simson. Hakim-hakim 14:6 Dalam kuasa Roh Allah Simson mencabik-cabik singa seperti anak kambing. Hakim-hakim 15:14-15 Ketika Roh Tuhan berkuasa atas Simson, dengan tulang rahang keledai seribu orang tentara Filistin terpukul mati oleh Simson. Hakim-hakim 15:4 tercatat Simson menangkap 300 ekor anjing hutan dengan tangannya sendiri.
  2. Dampak Pencurahan Roh Kudus Bagi Orang Percaya
  3. Memberi Kuasa Untuk Mematikan Perbuatan Dosa. Roma 8:13 “Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati, tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.” 2 Korintus 3:17 “Sebab Tuhan adalah Roh, dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.” Roma 6:18 “Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.”
  4. Menuntun Hidup Dalam Kebenaran. Yohanes 16:13 “Tetapi apabila Ia datang yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam SELURUH KEBENARAN, sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”
  5. Memberikan Penghiburan. Yohanes 14:26 “Tetapi penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” Bentuk penghiburan dari Roh Kudus datangnya dari dalam yang meliputi :
  6. Perasaan Damai Sejahtera. “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang akan diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”
  7. Perasaan Tenang. “Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.” (Mazmur 62:2)
  8. Perasaan Kelegaan “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi KELEGAAN kepadamu.” (Matius 11:28)
  9. Perasaan Sukacita. “Ya, karena Dia hati kita BERSUKACITA, sebab kepada nama-Nya yang kudus kita percaya. (Mazmur 33:21)
  10. Memberi Kuasa Menjadi Saksi Tuhan. “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kisah Para Rasul 1:8) Penganiayaan dan ancaman yang dialami oleh orang percaya tidak menghalangi mereka untuk menjadi Saksi Tuhan. Kisah Para Rasul 8:1b,4 “Pada waktu itu mulailah penganiayaan yang hebat terhadap jemaat di Yerusalem. Mereka semua, kecuali rasul-rasul, tersebar ke seluruh daerah Yudea dan Samaria. Mereka yang tersebar itu menjelajahi seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil.” Kisah Para Rasul 5:28 “Katanya: “Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah orang itu kepada kami.” Keberanian Para Rasul-Rasul dan orang-orang percaya pada jemaat mula-mula menjadi saksi Tuhan, karena peran dari Roh Kudus yang ada di dalam diri mereka.
  11. Menjadi Materai Dan Jaminan Keselamatan Bagi Orang Percaya. Efesus 1:13-14 “Di dalam Dia kamu juga, karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, DIMETERAIKAN DENGAN ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu. Dan ROH KUDUS ITU ADALAH JAMINAN bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.”

Serahkanlah hidup kita dalam pimpinan Roh Kudus,saksi  sebab “Semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah.” (Roma 8:14) Pastikan kita hidup dalam pimpinan Roh Kudus, karena Roh Kudus menjamin status kita sebagai anak-anak Allah yang akan mewarisi segala janji-janji Allah. “Roh itu bersaksi bersama-sama roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristu, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.” (Roma 8:16-17)

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *