Pemberitaan Injil adalah Tanggungjawab Orang Percaya

SURAT GEMBALA

 

Minggu, 12 Maret 2023

 

Pemberitaan Injil adalah Tanggungjawab Orang Percaya

 

(Matius 28:18-20)

“Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Seringkali orang percaya/kristen berpikir bahwa pemberitaan injil menjadi tanggungjawab seorang Gembala, Pendeta atau mereka yang di persiapkan khusus untuk memberitakan injil. Namun saat ini perintah itu tidak hanya tertuju kepada para murid, akan tetapi kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya.

Percaya bahwa Dia lahir sebagai manusia, mati di atas kayu salib untuk dosa dunia, dan bangkit mengalahkan maut. Dan isi pemberitaan injil adalah karya keselamatan yang Yesus lakukan bagi kehidupan kita (1Korintus 15:1-11; 2 Tim 2:18).

Paulus menggambarkan bahwa kehidupan orang percaya adalah surat Kristus, surat yang terbuka dan dapat di baca oleh semua orang, yang berisikan tentang pengajaran-pengajaran dan Firman Tuhan yang telah di sampaikan oleh pelayan Tuhan yang ada di sekitar kita.

2 Kor 3:2-3

“Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.”

Maka dari pada itu kehidupan orang Kristen menjadi alat pemberitaan Injil yang terbuka bagi semua orang, karena melalui kehidupan orang Kristen, orang lain bisa melihat Iman dan kepercayaan kepada Yesus Kristus.

Kenapa pemberitaan injil menjadi tanggungjawab orang percaya :

Pertama, karena merupakan Perintah langsung dari Yesus

(Matius 28:18-20 “18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, 20 Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”)

Kedua, merupakan tanggung jawab karena kita tahu Yesus adalah jalan keselamatan dan dunia tidak mengenal Dia.

Yohanes 14:6 “Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Ketiga merupakan tanggung jawab karena Allah menuntut pertanggung jawaban terhadap nyawa orang berdosa

“(Yehezkiel 33:8) Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Hai orang jahat, engkau pasti mati! — dan engkau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu supaya bertobat dari hidupnya, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.”

Maka celaka setiap kita karena sudah diselamatkan dari kematian, dari hukuman maut tetapi tidak memberitakan Injil di kehidupan, padahal seharusnya Kehidupan yang didapat karena Injil, harus dikembalikan untuk kemuliaan Injil itu. Itu sebabnya memberitakan injil menjadi tanggung jawab dan keharusan setiap orang Kristen (1 Korintus 9:16)

 

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati……Shalom……!!

 

Oleh : Billy Guido, S.Fil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *