Orang Percaya (Orang Kristen) Yang Berkuasa Atas Politik (Daniel 6:27)

Orang Percaya (Orang Kristen) Yang Berkuasa Atas Politik

Daniel 6:27

Bersama ini kuberikan perintah, bahwa di seluruh kerajaan yang kukuasai orang harus takut dan gentar kepada Allahnya Daniel, sebab Dialah Allah yang hidup, yang kekal untuk selama-lamanya; pemerintahan-Nya tidak akan binasa dan kekuasaan-Nya tidak akan berakhir.

Dalam politik tahun ini, bagaimana perasaan anda tentang politik di Negara atau daerah kita saat ini? Apakah dalam kekuasaan politik masa kini anda merasa ada sesuatu hal yang besar tentang ketidakbenaran, ketidakadilan bahkan tekanan yang begitu kuat sehingga mengabaikan nilai-nilai kebenaran, kejujuran dan kemurnian secara khusus dalam berpolitik?

Pada prinsipnya politik itu merupakan salah satu cara untuk bisa bermanfaat untuk berdampak bagi sesama, memajukan kebenaran dan keadilan. Namun karena dunia ini sudah tercemar oleh dosa (Rom.3:23) membuat beberapa politisi dan juga sistem politik ikut tercemar, sehingga berdampak kepada ketidakbenaran, ketidakadilan, dan ketidakmurnian demi suatu kekuasaan.

Keadaan ini pula yang dialami oleh Daniel dan juga ketiga sahabatnya dalam kekuasaan babel dan media-persia, dimana raja dan orang-orang yang ada dalam pemerintahan ini begitu kejam dan jahatnya secara khusus mempolitisasi keadaan untuk menjatuhkan Daniel dan juga sahabat-sahabatnya (bnd. Dan. 1:5,8; 2:12-13; 3:10-13; 6:5-9,14). Namun Allah tidak pernah tinggal diam, Dia selalu menyertai dan menyatakan hikmat dan kuasaNya kepada Daniel. Dari sejak usia remaja (belasan tahun) hingga tua (80an tahun) Daniel tetap eksis dan bahkan berkuasa dan duduk diposisi yang sangat strategis. APA RAHASIANYA? hanya satu “HIDUP BERKENAN KEPADA ALLAHNYA” (10:11a) dimana Iman terimplikasi dalam tindakan, ketaatan, kesetiaan bahkan ancaman sekalipun (6:11bnd. 2:17-18). Karena kualitas iman yang sangat radikal ini, Allah memperlengkapi Daniel dengan hikmat, pengetahuan, kebijaksanaan dan karunia-karunia ilahi (Dan.1:19-20;2:19; 5:12). Saat ini pun Allah mau engkau dan saya mengalami ini dan mewakili Dia menyatakan kebenaran dan kuasaNya (Mat.5:16).

Orang Kristen yang berkuasa atas politik adalah orang percaya yang membawa “NILAI-NILAI KERAJAAN ALLAH” ditengah-tengah dunia ini. Seperti yang dikatakan oleh pemimpin utama dalam Kerajaan ini, Matius 28:18-19 YESUS MENDEKATI MEREKA DAN BERKATA: “KEPADA-KU TELAH DIBERIKAN SEGALA KUASA DI SORGA DAN DI BUMI. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”  Ini merupakan perintah dan amanat yang jelas bagi setiap pengikut-Nya, bahkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bersifat kekal dan berbanding terbalik dengan kekuasaan politik dunia saat ini yang hanya bersifat sementara (Baca Matius pasal 5-7). Oleh sebab itu orang Kristen harus punya kuasa menyatakan kebenaran, bertindak dan berlaku benar atas apa pun juga secara khusus terhadap politik, karena MELALUI YESUS KRISTUS hari ini setiap orang yang percaya kepada-Nya diberiNya KUASA DAN KECAKAPAN ILAHI (Bnd. Mrk 16:15-18, KPR 1:8). Selamat hari minggu dan menjadi berkat. Tuhan Yesus Memberkati.

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua,………!!

 

Oleh : Ev. Geo Frayanus, M.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *