MENJALANI TAHUN 2022 DALAM KUASA TUHAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 02 JANUARI 2022

 

MENJALANI TAHUN 2022 DALAM KUASA TUHAN.

Tetapi Kaleb mencoba menentramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya : “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab KITA PASTI AKAN MENGALAHKANNYA!” Tetapi orang yang pergi kesana bersama-sama dengan dia berkata : “KITA TIDAK DAPAT MAJU MENYERANG BANGSA ITU karena MEREKA LEBIH KUAT DARI PADA KITA.”

Bilangan 13 : 30-31.

Shalom,…..

Kita bersyukur kepada Tuhan untuk kesempatan memasuki hari ke dua (2) tahun 2022, serta kesempatan untuk beribadah dan melayani Tuhan. Kita sudah memasuki dan akan menjalani 363 hari kedepan. Berbagai isu yang menakutkan menghadang kita dalam setiap hari yang akan kita lalui. Penelitian berbagai ahli menyimpulkan ada 10 ancaman terbesar dunia saat ini (Perang Nuklir, Perang Biologis, Pandemi Global, Perubahan iklim, Hilangnya ke-aneka-ragaman hayati, Kecerdasan buatan (Atificial Intelligence), Nanoteknologi, Erupsi Gunung berapi super, Asteroid). Tetapi dari semuanya itu, sesungguhnya bersumber pada 3 (tiga) ancaman Utama, yaitu : PERUBAHAN IKLIM ( Climate Change), KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence) dan NANOTEKNOLOGI (Nanotechnology). Bagi kebanyakan orang, hal ini pastilah mengejutkan dan menimbulkan ketakutan. Tetapi Tuhan Yesus sendiri sudah memberitahukaan 2000 tahun yang lalu bahwa semua itu AKAN dan PASTI terjadi. Lukas 21 : 10-11 : Ia berkata kepada mereka : “Bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan, dan akan terjadi GEMPA BUMI YANG DASYAT dan di berbagai tempat AKAN ADA PENYAKIT SAMPAR DAN KELAPARAN, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dasyat di langit. Artinya, apa yang terjadi saat ini ukanlah suatu kebetulan, semuanya terjadi dalam kendali Tuhan, dan sebagai ORANG PERCAYA KEPADA YESUS, TUHAN TAHU KITA ADA DIDALAMNYA. Oleh sebab itu, kita seharusnya tidak panik, akan tetapi kita bersyukur karena Firman Tuhan sedang digenapi.

Hal yang sama terjadi kepada 12 orang pengintai yang di utus Musa untuk mengintai Tanah Kanaan. Tuhan sudah berjanji untuk MEMBERIKAN TANAH KANAAN kepada bangsa Israel, tetapi setelah MENGINTAI dan MENJALANI tanah Kanaan itu, ke-12 pengintai itu terpecah dalam dua kesimpulan yang saling berlawanan. Ke-10 pengintai berkesimpulan bahwa mereka TIDAK AKAN DAPAT MAJU MENYERANG BANGSA ITU karena MEREKA LEBIH KUAT DARIPADA KITA. Kesimpulan itu mereka buat karena pandangan mereka tertuju kepada ORANG ENAK, ORANG AMORI, ORANG AMALEK (Orang-orang raksasa) serta kotanya yang berkubu (Bilangan 13 : 28-29). Akan tetapi Kaleb dan Yusak, walaupun mereka melihat ANCAMAN yang sama, tetapi mereka memiliki keyakinan bahwa Bangsa Israel PASTI BISA MENGALAHKAN DAN MENDUDUKI tanah Kanaan. Mata mereka tidak tertuju kepada orang-orang raksasa dan kota yang berkubu, mata mereka tertuju KEPADA TUHAN dan JANJI TUHAN.

Bagaimana dengan kita dalam meghadapi dan menjalani tahun 2022 ini, apakah mata kita tertuju kepada ancaman dan persoalan yang semakin berat hari-hari ini, atau sebaliknya mata kita tertuju kepada Tuhan dan janji pemeliharaan Tuhan. Selamat Tahun Baru 2022, Tuhan Yesus memlihara, melindungi dan memberkati kita semua. Saat Tuhan ijinkan kita memasuki Tahun Baru 2022, PASTI ada rencana terbaik Tuhan bagi kita dan keluarga kita……!!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.