MENGENAL WAKTU TUHAN (Mazmur 90 : 3-6)

Engkau mengembalikan manusia kepada debu, dan berkata “Kembalilah hai anak-anak manusia!” Sebab dimata-Mu seribu tahun sama seperti hari kemarin, apabila berlalu, atau seperti suatu giliran jaga diwaktu malam. ENGKAU MENGHANYUTKAN MANUSIA; mereka seperti mimpi, seperti rumput yang bertumbuh, di waktu pagi berkembang dan bertumbuh, di waktu petang lisut dan layu.

Mazmur 90 : 3-6.

Shalom……

 

Selamat hari Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Semoga seluruh jemaat mengalami sukacita dan berkat Tuhan dalam memasuki Tahun Baru 2024 ini. Kita bersyukur karena Tuhan mengijinkan kita memasuki Tahun Baru 2024 ini, akan tetapi untuk dapat menjalani dan memanfaatkan tahun yang baru ini dengan baik, kita harus MENGENAL WAKTU TUHAN bagi masing-masing kita dan keluarga kita.

 

Secara umum, Alkitab mengelompokkan waktu dalam tiga pengertian, yaitu : KRONOS, AION dan KAIROS, dengan penjelasan sebagai berikut :

 

  1. KRONOS (KRONOLOGI) adalah waktu yang dapat diukur dengan : Hari, Tanggal, Bulan dan Tahun. Kronos adalah waktu yang berjalan seiring dengan peristiwa Kelahiran, Bertumbuh, Dewasa, menjadi Tua dan meninggalnya seorang manusia. Waktu Kronos akan bergerak terus dan tidak pernah berhenti atau dapat dihentikan. Waktu hari ini akan menjadi kenangan pada hari besok. Waktu tidak akan menunggu. Kita menggunakannya dengan baik atau tidak, dia pasti akan berlalu. Orang yang menyadari akan hal ini pasti akan sangat menghargai waktu dan kesempatan hidup yang Tuhan berikan.
  2. KAIROS berbicara tentang PERIODE TERTENTU. Kalau waktu Kairos sudah lewat, maka tidak akan dapat diulangi lagi. Waktu Kairos berhubungan dengan MOMENTUM dan KESEMPATAN yang ada pada waktu tertentu. Galatia 6 : 10 : Karena itu, SELAMA MASIH ADA KESEMPATAN BAGI KITA, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman. Kita harus peka untuk melihat PINTU SEDANG TERBUKA dan PINTU TELAH TERTUTUP. Wahyu 3 : 7 : Apabila Ia(Tuhan) membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.Artinya : Setiap Pekerjaan, Jabatan dan Tempat merupakan Kesempatan atau Momentum Tuhan bagi kita. Jangan pernah menunda dan bekerja asal-asalan. Kolose 3 : 23 : Apapun juga yang kamu perbuat, PERBUATLAH DENGAN SEGENAP HATIMU SEPERTI UNTUK TUHAN dan bukan untuk manusia.
  3. Kata Aion dipakai untuk menunjukkan waktu yang lama sekali atau waktu yang tak terbatas. Kata AION mencakup rentang waktu yang tidak berawal dan tidak berakhir, yang merujuk kepada kekekalan. Yohanes 3 : 15 : Supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya (Yesus) beroleh HIDUP YANG KEKAL.

     Markus 9 : 45-46 :Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk kedalam hidup dengan timpang, daripada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan kedalam neraka. Ditempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.

     Artinya saat orang masuk Sorga atau Neraka, akan berlangsung selama-lamanya tanpa batas waktu.

 

Kalau kita hidup saat ini, kita sedang menjalani Kronos dan Kairos- Nya Tuhan yang akan menentukan tempat kita dalam kekekalan atau Aion. Hidup ini sangat singkat. Setiap hari adalah hari yang baru. Kita tidak akan berjalan dua kali dalam hari yang sama. Hargai dan manfaatkan hidup dan kesempatan yang Tuhan masih berikan dalam Tahun 2024 ini.

 

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua,………!!

 

Oleh : Pdt. RUSTAM MILING, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *