MENGENAL NABI PALSU

MENGENAL NABI PALSU

Mat 7:15-23

 

Shalom, Nabi adalah seseorang yang menerima wahyu dari Allah untuk disampaikan kepada umat manusia. Wahyu tersebut bisa berupa penglihatan (vision) maupun suara (audible). Tujuan dari pesan Allah yang disampaikan ialah agar manusia itu bertobat dan hidup dijalan kebenaran sesuai dengan kehendak Allah. Tugas nabi ialah menegur dan membangun orang untuk hidup kudus dan ia tidak mencari keuntungan bagi dirinya sendiri. Kebanyakan nabi yang disampaikan dalam Alkitab ialah nabi laki-laki. Meski begitu, ada juga nabi perempuan yang bertugas di Israel, yang biasa disebut nabiah. Nabi pada dasarnya adalah manusia biasa seperti kita. Bedanya, mereka memiliki otoritas dari Allah. Apapun pesan atau suara yang mereka terima atau dengar dari Allah, maka pesan itu harus disampaikan, baik itu yang bersifat tidak enak didengar atau sebaliknya. Fakta Nabi Palsu; Sudah Muncul & Menyebar. Saudara-saudaraku  yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh,  tetapi ujilah roh-roh itu , apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia (I Yoh 4:1) Disebut  “Penyesat”. Sebab banyak penyesat  telah muncul dan pergi ke seluruh dunia,  yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus  telah datang sebagai manusia.  Itu adalah si penyesat dan antikristus (2 Yoh 1:7) Menyesatkan banyak orang. Banyak nabi palsu   akan muncul  dan menyesatkan banyak orang (Mat 24:11). Penting diajarkan: Menjelang akhir zaman akan banyak nabi palsu. Sangat berbahaya jika setiap orang kristen yang menerima apa adanya penginjil dan pendeta dan tidak menguji pengajarannya, seperti gampang membeli emas apadanya ternyata emas palsu. gampang tertipu. Ada diantara orang percaya yang menganggap penyesat tidak ada di sekitar dan penyesat itu jauh sehingga “tidak waspada”. padahal penyesat sudah ada diantara orang percaya. Sebagaimana nabi-nabi  palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu . Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa  yang telah menebus mereka  dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka( II PET 2:1. Paling tidak ada 3 hal yang dapat kita ketahui tentang Nabi Palsu menurut Matius 7:15-23;

Pertama, Nabi Palsu memiliki sifat yang munafik(Mat 7:15). ”Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas  Nast ini Menggambarkan tentang nabi palsu yang terkesan tampak baik tetapi aslinya jahat, mereka menyamar seperti domba tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Sifat kemunafikan Nabi palsu; lebih seperti domba. pengajaranan mirip dengan yang benar. tidak memberikan ajaran sesat secara frontal yang bertentangan  dengan iman kristen tetapi menyesatkan dan berbahaya. seperti campuran racun pada nasi, porsi racunnya sedikit tetapi mematikan. menyamar menjadi pelayan(ii kor 11:13-14)

Kedua, Nabi Palsu memiliki buah yang tidak baik(Mat 7:16-20). Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dasar dan dampak dari pohon yang tidak berbuah; Nabi palsu tidak mengenal dan tidak takluk pada kebenaran Allah, melainkan berusaha mendirikan kebenaran mereka sendiri(Roma 10:3) Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.

Ketiga, nabi palsu melakukan kehendak setan & dapat mengadakan tanda-tanda dan mujizat(Mat 7:21-23). Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan!  akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga,  melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku  yang di sorga. Pada hari terakhir  banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat  demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu  ! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan! Bukti Nabi Palsu memiliki otoritas; BISA BUAT MUJIZAT, BISA MENGUSIR SETAN( MAT 7: 21-22)  SETAN MELENGKAPI PELAYANNYA DENGAN MUJIZAT(II TES 2:9). Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu. Waspada! jangan menilai seseorang dari mujizat, jangan terpengaruh dengan  kehidupan kesalehan mereka, bisa saja pura -pura saleh., perhatikan ajarannya, II Pet 2:1. kis 20:29-30. Tit 1:11, II Tim 2:17-18.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *