MENGELOLA WAKTU DENGAN BIJAK AJARLAH KAMI MENGHITUNG HARI-HARI KAMI SEDEMIKIAN, HINGGA KAMI BEROLEH HATI YANG BIJAKSANA

SURAT GEMBALA

Minggu, 30 JANUARI 2022

 

MENGELOLA WAKTU DENGAN BIJAK

AJARLAH KAMI MENGHITUNG HARI-HARI KAMI SEDEMIKIAN, HINGGA KAMI BEROLEH HATI YANG BIJAKSANA.

Mazmur 90 : 12

 

Setiap manusia diberikan waktu yang sama oleh Tuhan. Dalam kenyataannya, ada yang merasa terlalu sibuk, kekurangan waktu, tetapi ada juga yang berkata selalu tidak ada waktu. Ada yang bisa mengerjakan dan menyelesaikan beberapa hal dalam satu hari, tetapi ada juga yang bahkan tidak dapat melakukan apapun. Ada yang merasa waktu berjalan terlalu lama dan membosankan, tetapi ada juga merasa waktu berjalan begitu cepat dan menggembirakan. Perbedaan ini sebenarnya sangat dipengaruhi tentang PEMAHAMAN akan waktu dan CARA DALAM MENGATUR DAN MENGELOLA WAKTU.

Untuk dapat mengelola waktu dengan bijak, kita harus memahami apa yang dikatakan oleh Alkitab mengenai waktu, antara lain :

  1. Waktu atau hidup kita ini begitu singkat dan terbatas (Ayub 14 : 1 : Manusia yang lahir dari perempuan SINGKAT UMURNYA dan penuh dengan kegelisahan)
  2. Hari-hari hidup manusia telah ditentukan oleh Tuhan ( Ayub 14 : 5 : Jikalau HARI-HARINYA sudah pasti dan JUMLAH BULANNYA sudah tentu pada-Mu, dan BATAS-BATASNYA SUDAH KAU TETAPKAN, sehingga tidak dapat dilangkahinya.)
  3. Waktu akan terus berjalan tanpa kompromi ( Mazmur 90 : Engkau MENGHANYUTKAN MANUSIA; mereka seperti mimpi)
  4. Kekuatan dan kesempatan kita akan semakin menurun ( Ayub 14 : 2 : Seperti bunga ia, BERKEMBANG, lalu LAYU. Seperti bayang-bayang ia HILANG LENYAP dan tidak dapat bertahan).

Oleh sebab itu, Mazmur 90:12 mengajarkan kita untuk MENGHITUNG HARI-HARI KAMI (To number our days) SEDEMIKIAN, hingga kami beroleh hati yang bijaksana. Fakta ini mengingatkan kita betapa penting SETIAP HARI dalam pandangan Tuhan. Tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa manajemen Tuhan tentang waktu adalah MANAJEMEN SETIAP HARI (Every single-day Management) Artinya, bagaimana kita menggunakan setiap jam dalam satu hari akan menentukan bagaimana kita menggunakan hari itu. Bila kita dapat MENGHARGAI dan MENGGUNAKAN setiap jam dengan baik, PASTI kita akan dapat menggunakan satu hari dengan baik, apabila kita dapat MENGHARGAI dan MENGGUNAKAN setiap hari dengan baik, PASTI kita akan dapat menggunakan setiap Minggu dengan baik. Godaan yang sering membuat kita tidak dapat menggunakan waktu dengan baik adalah : Menunda waktu, Toleransi dengan keterlambatan, berharap akan hari hari besok. Peribahasa : “Hari besok harus lebih baik dari hari ini” (Tomorrow must be better) membuat orang merasa tidak harus maksimal menggunakan waktu dan potensi hari ini, karena masih ada hari besok untuk memperbaikinya. Seharusnya kita sadar bahwa apa yang kita lakukan hari ini AKAN BERDAMPAK dan MENETUKAN apa yang akan terjadi pada hari besok. Oleh sebab itu pastikan kita selalu MELAKUKAN YANG TERBAIK saat ini (Do our best today.) Hargai hidup dan kesempatan yang Tuhan berikan, lakukan yang terbaik hari ini karena belum tentu masih ada kesempatan hari besok untuk memperbaikinya. Kita gunakan waktu dengan baik atau tidak, waktu akan berlalu meninggalkan kita!

ORANG YANG BIJAK AKAN MERASA MALU KALAU TERLAMBAT, TETAPI ORANG YANG BEBAL AKAN HARAP MAKLUM KALAU TERLAMBAT. AWAL DARI SEMUA TINDAKAN KORUPSI DIMULAI DARI KORUPSI WAKTU. BAGAIMANA ANDA MENGHARGAI DAN MENGGUNAKAN WAKTU SESUNGGUHNYA MENGGAMBARKAN SIAPA DIRI ANDA!

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua…!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.