Menempatkan Keluarga sebagai Fokus Utama

(Kejadian 2:22-23)

 

Keluarga merupakan salah satu institusi terpenting dalam kehidupan manusia. Menurut Kejadian 2:22-23, Allah menciptakan perempuan dari tulang rusuk laki-laki, sebagai seorang penolong yang sesuai untuknya. Hal ini menunjukkan bahwa keluarga adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam rencana Allah bagi umat manusia.

 

Dalam konteks modern, keluarga seringkali diabaikan atau terpinggirkan oleh tuntutan-tuntutan dunia yang sibuk dan terburu-buru. Namun, penting untuk mengingat kembali nilai dan makna keluarga sebagai fokus utama dalam kehidupan kita.

 

Salah satu hal yang dapat kita pelajari dari Kejadian 2:22-23 adalah pentingnya saling melengkapi di antara anggota keluarga. Laki-laki dan perempuan diciptakan untuk saling melengkapi satu sama lain, membentuk sebuah kesatuan yang utuh. Dalam konteks keluarga, hal ini mengajarkan kepada kita arti pentingnya kerjasama, pengertian, dan dukungan antar anggota keluarga.

 

Selain itu, Kejadian 2:22-23 juga menunjukkan bahwa keluarga merupakan tempat di mana kita dapat menemukan perlindungan, dukungan, dan kasih sayang. Laki-laki dan perempuan saling melengkapi untuk saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Keluarga adalah tempat di mana kita dapat merasa aman dan dicintai tanpa syarat.

 

Nilai-nilai yang terkandung dalam Kejadian 2:22-23 memberikan kita pandangan yang jelas mengenai pentingnya memprioritaskan keluarga dalam kehidupan kita. Keluarga bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan anugerah yang harus dijaga dan diperhatikan dengan penuh kasih sayang.

 

Dalam dunia yang terus berubah dan bergerak cepat, seringkali kita lupa untuk memberikan perhatian yang cukup kepada keluarga. Kita sibuk dengan pekerjaan, hobi, dan aktivitas lainnya, sehingga keluarga seringkali menjadi korban dari kesibukan tersebut. Namun, Kejadian 2:22-23 mengingatkan kita bahwa keluarga harus menjadi fokus utama dalam kehidupan kita.

 

Dengan memprioritaskan keluarga, kita dapat menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang dan dukungan. Keluarga yang kuat akan mampu menghadapi segala tantangan dan rintangan yang ada di dunia ini. Oleh karena itu, mari kita kembali kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Kejadian 2:22-23 dan memprioritaskan keluarga dalam kehidupan kita.

 

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati……Shalom……!!

 

Oleh : Pdt. Paulus Timang, M.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *