MAKNA PENGORBANAN KRISTUS BAGI DUNIA

SURAT GEMBALA

Minggu, 11 April 2021

 

MAKNA PENGORBANAN KRISTUS BAGI DUNIA

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal.  Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barang siapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum, barang siapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.” (Yohanes 3:16-18)

Pengorbanan Kristus pada “Dunia” semata-mata didasari karena “KASIH YANG BEGITU BESAR.” Pengorbanan yang Sejati haruslah berdasarkan  karena “KASIH.” Perasaan KASIH selalu menggerakkan hati untuk BERKORBAN. DUNIA adalah tujuan sasaran Pengorbanan Kristus. Siapakah DUNIA…?? “Dunia” adalah semua makhluk hidup yang disebut manusia yang berasal  dari keturunan Adam dan Hawa. “Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kau semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.” (Galatia 3:28)

Apa Makna Pengorbanan Kristus Bagi Dunia…?

  1. Supaya Manusia Bebas Dari Hukuman Kekal.

“Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum, barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.” (Yohanes 3:18) Hukuman Kekal (Neraka) akan menjadi bagian bagi orang yang menolak Kristus. Neraka adalah tempat kengerian yang sangat menakutkan melebihi hukuman yang ditetapkan pemerintahan dunia. “Lalu kata raja itu kepada hamba-hambanya: ikatlah kaki dan tangannya dan campakkanlah orang itu ke dalam KEGELAPAN yang PALING GELAP, di sanalah akan terdapat RATAP dan  GERTAK GIGI.” (Matius 22:13)

  1. Supaya Manusia Berkuasa Atas Dosa.

Di dalam diri setiap manusia akan selalu ada gejolak keinginan secara daging/dosa dan hanya dapat ditaklukkan ketika manusia hidup dalam kuasa Roh Kudus. “Sebab, jika kamu hidup menurut daging kamu akan mati, tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hdup.” (Roma 8:13) “Maksudku ialah hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” (Galatia 5:16) Orang  yang  sungguh-sungguh percaya dipastikan akan menang terhadap dosa.  “Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.”

  1. Supaya Manusia Menjadi Berkat Setelah Diselamatkan.

Selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang  lain juga dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.” (Yudas 1:23) “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 6:16)

 

Selamat Hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…..!!

 

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.