KORBAN HABEL

SURAT GEMBALA

Minggu, 04 JULI 2021

 

KORBAN HABEL

  • Habel adalah adalah putra ke 2 Adam dan Hawa setelah Kain sebagai anak sulung.
  • Nama Habel disebutkan sebanyak 12 kali dalam Alkitab. Tercatat dalam kitab Kejadian, Matius, Lukas, Ibrani, 1 Yohanes.
  • Pekerjaan Habel adalah seorang gembala ternak. Arti nama Habel…? KESIA-SIAAN ATAU UAP, karena Habel mati dalam usia yang begitu muda akibat dibunuh oleh kakak kandungnya Kain. (Kejadian 4:8)

Sebab kematian Habel dibunuh oleh Kain kakak kandungnya karena Kain iri hati persembahan hasil taninya tidak diindahkan Tuhan sementara persembahan ternak Habel adiknya diindahkan oleh Tuhan.  “Tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas dan mukanya muram.” (Kejadian 4:5)

APA ALASAN KORBAN PERSEMBAHAN HABEL DIINDAHKAN OLEH TUHAN DAN MENGAPA PERSEMBAHAN KAIN DITOLAK OLEH TUHAN…??

  1. Karena Tuhan Melihat Kepribadian Habel Yang Benar “Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya, maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.” (Kejadian 4:4-5)

Alasan pertama mengapa korban persembahan Habel diterima oleh Tuhan karena Kepribadian Habel yang BENAR.

BENAR artinya: Tidak salah, Lurus, sesuai sebagaimana adanya, dapat dipercaya.

Alkitab mencatat bahwa Habel disebut sebagai orang benar. “Supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah ORANG YANG TIDAK BERSALAH MULAI DARI HABEL ORANG BENAR ITU…” (Matius 23:35) Alkitab mencatat Hidup dalam KEBENARAN melebihi KORBAN PERSEMBAHAN. “Tetapi jawab Samuel: “Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara Tuhan? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan. (1 Samuel 15:22) Mengapa Persembahan Kain Sebagai Petani Ditolak Tuhan…?  Karena Tuhan melihat kepribadian Kain yang TIDAK BENAR.  “Bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya ? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.” (1 Yohanes 3:12)

  1. Karena Habel Mempersembahkan Yang Terbaik Untuk Tuhan

“Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya, maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu.”(Kejadian 4:4) Alasan Kedua Mengapa Persembahan Kain Ditolak Tuhan..?

“Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada Tuhan sebagai korban persembahan.” (Kejadian 4:3)

  1. Kain Menunda Persembahan
  2. Kain Membatasi Persembahan Pada Tuhan

Selamat Hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua………!!

 

Oleh. Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *