KESAKSIAN KELUARGA PERWIRA DI KAPERNAUM YANG MENJADI BERKAT

SURAT GEMBALA (Minggu, 16 JUNI 2019)

Alkitab tidak mencatat nama Perwira di Kapernaum. Dipastikan bahwa Perwira di Kapernaum ini  berasal dari bangsa Romawi. Perwira Romawi adalah prajurit pasukan Romawi yang mengepalai seratus orang orang prajurit Romawi. Kapernaum adalah kota yang terletak di pantai barat Danau Galilea. Beberapa murid-murid Tuhan Yesus seperti: Petrus, Andreas, Yakobus, Yohanes dan Lewi pemungut cukai  berasal dari Kapernaum. Kapernaum juga disebut kota Yesus. Kapernaum juga disebut sebagai kota Yesus  (The Town Of Jesus) karena banyaknya mukjizat yang Tuhan Yesus lakukan di sana.

Keluarga  Perwira di Kapernaum memiliki kesaksian hidup yang Luar biasa. Apa Kesaksian Keluarga  Perwira Di Kapernaum Yang Sangat Memberkati:

1. Perwira Di Kapernaum Sangat Menghargai Hambanya Yang Sakit Keras. “Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah ia ke kapernaum. Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang HAMBA, YANG SANGAT DIHARGAINYA. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati.” (Lukas 7:1-2)

2. Perwira Di Kapernaum Sangat Menghormati Tuhan Yesus. “Ketika Yesus masuk ke Kapernaum datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: “TUAN, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita.” (Matius 8:5-6)

3. Perwira Di Kapernaum Memiliki Karakter  Rendah Hati. “Tetapi Jawab perwira itu kepada-Nya: “Tuan, AKU TIDAK LAYAK MENERIMA TUAN  DI DALAM RUMAHKU…” (Matius 8:8a)

4. Perwira Di Kapernaum Sangat Mempercayai Kuasa Tuhan. “…Katakan saja SEPATAH KATA, maka hambaku itu akan sembuh…Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: “Pulanglah dan jadilah kepadamu seperti  yang engkau percaya.” Maka pada sat itu juga sembuhlah hambanya.” (Matius 8:8b, 13)

5. Perwira Di Kapernaum Disukai Karena Memiliki Perilaku Yang Baik. “Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: “Ia layak Engkau tolong, sebab ia MENGASIHI BANGSA KITA…” (Lukas 7:4-5a)

6. Perwira Di Kapernaum Membiayai Pembangunan Rumah Ibadat. “Dan Dialah yang MENANGGUNG pembangunan rumah ibadat kami.” (Lukas 7:5b)

7. Respon Tuhan Yesus Atas Sikap Perwira Di Kapernaum. “Setelahj Yesus mendengar hal itu, HERANLAH IA, dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya IMAN SEBESAR INI TIDAK PERNAH AKU JUMPAI PADA SEORANG PUN DI ANTARA ORANG ISRAEL.”

JADILAH KELUARGA KRISTEN YANG SENANTIASA MENJADI BERKAT DI MANA PUN KITA BERADA.

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *