KESAKSIAN HIDUP MARIA MAGDALENA YANG MENJADI BERKAT (Lukas 8:1-3)

SURAT GEMBALA (Minggu, 26 Mei 2019)

Maria Magdalena adalah perempuan Yahudi pengikut Tuhan Yesus yang berasal dari MAGDALA sebuah kota Nelayan di bagian barat Danau Galilea.Nama Maria Magdalena disebutkan 15 kali dalam kitab Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Maria Magdalena adalah perempuan yang telah dibebaskan dari 7 roh jahat. (Lukas 8:2) Maria Magdalena adalah perempuan luar biasa yang memiliki kesaksian hidup yang sangat memberkati. Maria Magdalena diyakini perempuan dari keluarga kaya yang tinggal di kota Magdala kota Nelayan di tepi barat danau Galilea. Karena Alkitab mencatat Maria Magdalena adalah salah satu perempuan yang menjadi donatur yang melayani Tuhan dengan kekayaan mereka. (Lukas 8:23).

Alkitab mencatat paling kurang ada 3 kesaksian hidup Maria Magdalena yang menjadi berkat: 

1. Maria Magdalena tidak melupakan kasih Tuhan

Alkitab mencatat bahwa Maria Magdalena adalah perempuan yang pernah dirasuk dan dikuasai oleh tujuh roh jahat.  “Dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat.” (Lukas 8:2).

Alkitab mencatat bahwa Maria Magdalena adalah perempuan yang pernah dirasuk dan dikuasai oleh tujuh roh jahat.  “Dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat.” (Lukas 8:2).

Mengapa Maria Magdalena tidak dapat melupakan kasih Tuhan dalam hidupnya?

  • Maria Magdalena SADAR bahwa tanpa kasih Tuhan seumur hidupnya akan menderita  karena terikat oleh 7 roh jahat.
  • Maria Magdalena  SADAR bahwa tanpa kasih Tuhan seumur hidupnya akan kehilangan masa depan.
  • Maria Magdalena SADAR bahwa tanpa kasih Tuhan kekayaan dan kecantikannya sia-sia.
  • Maria Magdalena SADAR  Bahwa Tanpa Kasih Tuhan Tubuh Dan Jiwanya akan binasa selamanya.

2. Maria Magdalena rela berkorban dalam melayani Tuhan

Pengorbanan Maria Magdalena dalam melayani tuhan terwujud melalui tindakannya yang selalu :

  • Siap melayani Tuhan Yesus melalui kekayaannya. (Lukas 8:2-3)
  • Siap berikan waktu yang disisihkan untuk Tuhan.
  • Maria Magdalena memiliki kesetiaan yang tidak pernah pudar

Maria Magdalena memiliki KESETIAAN yang sedikit pun TIDAK PUDAR kepada Tuhan Yesus. Alkitab mencatat bahwa Maria Magdalena ada di sekitar penyaliban, kematian dan kubur Tuhan Yesus. (Yohanes 19:25, Markus 15:46-47, Markus 16:1) Sedikitpun Maria Magdalena tidak malu dan tidak pernah takut menunjukkan identitasnya sebagai pengikut Tuhan Yesus. Kesetiaan Maria Magdalena pada Tuhan tidak tergoyahkan di segala situasi.

Bagaimanakah respon Tuhan Yesus atas kesetiaan Maria Magdalena yang tidak pudar ?

  • Tuhan Yesus berkenan menampakkan diri-Nya pertama kalinya di hadapan Maria Magdalena. “Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.” (Markus 16:9)
  • Maria Magdalena Dipercayakan Sebagai Orang Pertama Pemberita Kebangkitan Tuhan. “Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.” (Yohanes 20:18).

Jadilah orang kristen yang senantiasa menjadi berkat melalui kehidupan yang tidak melupakan kasih Tuhan, rela berkorban dalam melayani Tuhan dan memiliki kesetiaan pada Tuhan yang tidak pudar.

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *