KEDUDUKAN GEREJA TERHADAP POLITIK (Roma 13 : 1)

KEDUDUKAN GEREJA TERHADAP POLITIK.

Tiap-tiap orang HARUS TAKLUK kepada pemerintah yang ada di atasnya sebab TIDAK ADA PEMERINTAH, YANG TIDAK BERASAL DARI ALLAH; dan pemerintah-pemerintah yang ada DITETAPKAN OLEH ALLAH.

Roma 13 : 1

Kedudukan, partisipasi dan keterlibatan gereja secara organisasi didalam politik menjadi suatu pembahasan yang selalu hangat dan menarik didiskusikan, yang sampai saat ini belum ditemukan formula yang relevan tentang bagaimana seharusnya KETERLIBATAN  atau PARTISIPASI gereja didalam Politik. Ada yang berpikir bahwa gereja harus terlibat aktif dalam menentukan arah politik, sebaliknya ada yang berpikir bahwa gereja harus menempatkan diri mewakili Tuhan dalam kebenaran sebagai GARAM dan TERANG untuk dapat untuk menerangi dan mempengaruhi kebijakan politik ke arah yang benar. Untuk dapat memposisikan diri dengan benar, kita harus memahami definisi tentang Politik dan Partai Politik yang ada didalamnya.

Secara umum Politik diartikan sebagai : SUATU KEGIATAN ATAU CARA UNTUK MENDAPATKAN KEKUASAAN UNTUK MEMIMPIN DALAM MASYARAKAT DAN MASYARAKAT IKUT ANDIL DALAM SETIAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN KEBIJAKAN DALAM MEMILIH PEMIMPINNYA. Dalam Proses Politik, CARL. J. FRIEDRICH menyoroti kehadiran PARTAI POLITIK sebagai komponen dalam system. Partai Politik adalah organisasi yang stabil dengan tujuan MEREBUT atau MEMPERTAHANKAN kekuasaan. Tujuan selanjutnya adalah PENGUASAAN PEMERINTAHAN dan MEMBERIKAN MANFAAT BAGI ANGGOTA PARTAINYA.

Dalam hal inilah GEREJA dan WARGA GEREJA harus bijak. Tidak ada yang salah dengan POLITIK SEBAGAI POLICY (Kebijakan), yang memberikan ANDIL (Kesempatan hak atau kesempatan) bagi gereja dan warga gereja untuk proses menentukan Pemimpin dan kebijaksanaan pemerintahan, tetapi AKAN SANGAT BERBAHAYA jikalau gereja dan Pemimpin gereja SECARA ORGANISASI sudah terseret kedalam POLITIK SEBAGAI PARTAI yang bertujuan untuk MEREBUT dan MEMANFAATKAN serta MEMPERTAHANKAN kekuasaan. Dalam area ini hanya ada MENANG atau KALAH, MEMERINTAH atau DIPERINTAH, MAYORITAS atau MINORITAS. Tidak akan menjamin KEBAHAGIAAN apabila gereja bersama kelompok yang MENANG ATAU MEMERINTAH dan AKAN MENJADI SUATU ANCAMAN BESAR saat gereja berada di kelompok yang kalah. Dalam Politik TIDAK ADA TEMAN ABADI juga TIDAK ADA MUSUH ABADI. Tidak ada Partai yang selamanya menang dan berkuasa.

Sejarah gereja mencatat bahwa TIDAK ADA JAMINAN bahwa gereja akan mencapai tujuan sesungguhnya yaitu MENJADI GARAM DAN TERANG bagi dunia DENGAN TUGAS UTAMANYA MEMBERITAKAN INJIL TUHAN saat  gereja bersama pemerintah yang berkuasa. Tahun 306-3037 Masehi, Kaisar Konstantinus Agung sebagai Kaisar Roma masuk agama Kristen dan dinobatkan sebagai KAISAR UMAT KRISTEN. Agama Kristen menjadi AGAMA NEGARA. Tahun 313 Masehi dia mengeluarkan MAKLUMAT MILANO (Edick Milano) yang menghentikan penganiayaan terhadap Gereja dan orang-orang Kristen. Kuil-kuil Dewa Romawi diubah manjadi Katedral (Gereja) yang megah. Kehidupan para pemimpin gereja sangat mewah karena DIBIAYAI oleh Negara. Tetapi akibat buruknya KEHIDUPAN ROHANI GEREJA menjadi sangat rusak. Kaisar merupakan PENENTU KEBIJAKAN GEREJA.  Puncaknya pada Konsili Nicea Tahun 325 Masehi, Kaisar Konstantin MELANTIK YESUS SEBAGAI Tuhan.

Oleh sebab itu Gereja sebagai organisasi dan para pemimpin gereja seharusnya menempatkan diri secara bijaksana, supaya gerja tidak terseret oleh arus politik dan BERKUASA atau BERDAULAT terhadap poliotik.

Daulat Tambunan, Peneliti dari Bina Nusantara (BINUS) University menyimpulkan demikian :

“ GEREJA HARUS DIPISAHKAN DARI POLITIK PRAKTIS, BUKAN DARI POLITIK SEBAGAI ILMU DAN WACANA DEMI PEMBANGUNAN BANGSA DAN NEGARA. KEGIATAN GEREJAWI HARUS DIPISAHKAN DARI KEGIATAN POLITIK, TIDAK BOLEH DICAMPUR ADUKAN. GEREJA ADALAH GEREJA DAN PARTAI POLITIK ADALAH PARTAI POLITIK. GEREJA SEHARUSNYA MENGGEMBALAKAN UMATNYA YANG BERPOLITIK PRAKTIS SEKALIGUS MENYADARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI AGEN KERAJAAN ALLAH DI BUMI INI,”

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua,………!!

 

Oleh : Pdt. RUSTAM MILING, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *