KEBANGKITAN YESUS, JAMINAN KEMENANGAN ATAS KUASA DOSA

SURAT GEMBALA

Minggu, 17 APRIL 2022

 

KEBANGKITAN YESUS, JAMINAN KEMENANGAN ATAS KUASA DOSA

Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk diatasnya. Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju. Dan penjaga-penjaga itu gemetar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.

Matius 28 : 2-4

Meskipun sangat membenci Yesus, tetapi imam-imam kepala dan orang-orang Farisi ternyata juga mempercayai perkataan Yesus. Matius 27 : 63 : Dan mereka berkata : “Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata : Sesudah tiga hari, Aku akan bangkit.” Untuk tujuan mencegah kebangkitan Yesus mereka menghadap Pilatus untuk menempatkan tentara Romawi agar menjaga kubur Yesus. Tentara Romawi sebagai lambang kekuatan militer saat itu memang menjaga dan mematerai kubur itu (Matius 27 : 66). Akan tetapi pada waktu peristiwa kebangkitan Yesus terjadi, penjaga-penjaga itu GEMETAR KETAKUTAN DAN MENJADI SEPERTI ORANG MATI (Matius 28 :4).

Dipihak  lain, perempuan-perempuan yang akan pergi ke kubur untuk meminyaki mayat Yesus (Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus dan Salome) memikirkan siapakah yang akan menggulingkan bagi mereka batu yang sangat besar yang digunakan sebagai penutup kubur Yesus (Markus 16 : 3). Batu penutup kubur itu dianggap masalah yang diluar kemampuan mereka. Akan tetapi, Malaikat Tuhan turun dari langit dan DATANG KE BATU ITU, MENGGULINGKANNYA LALU DUDUK DIATASNYA (Matius 28 : 2). Tuhan mendahului dan menyelesaikan masalah mereka.

Melalui peristiwa kebangkitan Yesus, ada beberapa hal rohani yang seharusnya kita pahami :

  1. Dunia (Pasukan Romawi) dan kekuatan politik dunia dan pemerintahan dunia TIDAK DAPAT menghalangi kebangkitan Yesus. Tidak ada kekuatan Politik dan rekayasa politik apapun yang dapat menghalangi rencana Tuhan dan pekerjaan Tuhan.
  2. Pasukan Romawi sebagai lambang kekuatan militer dunia saat itu, ada, tetapi GEMETAR KETAKUTAN DAN MENJADI SEPERTI ORANG MATI. Manusia tidak berdaya saat berhadapan dengan Allah dan kuasa Allah.
  3. Malaikat tidak hanya menggulingkan batu penutup kubur Yesus, tetapi dia DUDUK DIATASNYA. Yesus sudah menjalani dan MENAKLUKKAN KEMATIAN. Kematian seharusnya tidak lagi menjadi hal yang menakutkan bagi setiap orang yang percaya kepada Yesus yang telah bangkit.
  4. Kuasa Iblis telah dikalahkan oleh kebangkitan Yesus. Ingatlah Kejadian 3 : 15 : “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya : KETURUNANNYA AKAN MEREMUKKAN KEPALAMU, DAN ENGKAU AKAN MEREMUKKAN TUMITNYA. Nubuatan itu digenapi dengan sempurna dalam peristiwa kematian dan kebangkitan Yesus. Iblis seakan berhasil “MENGUBURKAN” Yesus, tetapi kebangkitan Yesus telah MENGHANCURKAN kekuatan kuasa Iblis. Oleh sebab itu, apapun manifestasi dari kuasa Iblis, YESUS SUDAH MENGALAHKANNYA.

Kiranya melalui Perayaaan Kebangkitan Yesus hari ini memastikan kita memiliki kuasa atas Iblis dan segala bentuk perbuatan dosa.

 

Selamat hari raya Paskah, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati……!!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.