KASIH MENJADI DASAR DALAM KELUARGA

SURAT GEMBALA

Minggu, 07 JUNI 2020

KASIH MENJADI DASAR DALAM KELUARGA.

Dan diatas semua itu : kenakanlah kasih sebagai PENGIKAT yang MEMPERSATUKAN dan MENYEMPURNAKAN.

Kolose 3 : 14

Dalam kenyataan hari-hari ini, sebagian besar keluarga rumah tangga dibangun atas dasar CINTA, yang belum tentu karena saling mengasihi. Cinta bisa hadir karena saling TERTARIK dan MENGAGUMI hal-hal jasmani dari lawan jenis yang untuk sesaat terasa dapat memuaskan perasaan dan emosi. Alkitab menekankan KASIH bukan CINTA. Alkitab mengidentikan CINTA dengan hal-hal duniawi yang cendrung negative seperti Cinta akan uang (Pengkhotbah 5 : 10;); Mencintai diri sendiri (II Timotius 3 :2); Mencintai Dunia ini (Yohanes 12 : 25; II Timotius 4 : 10). Sementara Alkitab mengunakan KASIH untuk hal-hal yang berhubungan dengan sesuatu yang berasal dari Allah. Dalam praktek kehidupan sehari-hari, CINTA dan KASIH memiliki perbedaan yang sangat jauh. Kasih itu melayani, member dan berkorban, sementara cinta itu cendrung menuntut. Cinta adalahapa yang anda rasakan terhadap orang lain, sementara kasih adalah sesuatu yang orang lain terima dan rasakan dari saudara. Orang yang mencintai belum tentu mengasihi, tetapi orang yang mengasihi pastilah sanggup mencintai secara tulus.

Kasih memiliki kuasa untuk MENGIKAT, MEMPERSATUKAN dan MENYEMPURNAKAN (Kolose 3 : 14). Keluarga yang dibangun atas dasar kasih yang tulus membuat kita SALING TERIKAT SECARA ROHANI, SEMAKIN BERSATU menuju kesempurnaan. Apapun yang kita lakukan jika tidak didasarkan atas kasih, tidak aka nada manfaatnya I Korintus 13 : 3 : Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku dan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku. Amsal 15 : 17 : Lebih baik sepiring sayur dengan kasih daripada Lembu tambun dengan kebencian. Artinya, KASIH lah yang memberikan nilai dan makna segala sesuatu yang kita lakukan. Kasih adalah yang terbesar ( I Korintus 13 : 13).

Apakah kepentingan kasih dalam keluarga ? Kolose 3 : 14 : Kasih itu sebagai Pengikat, Kasih itu mempersatukan dan kasih itu menyempurnakan. Pertanyaan : Bagaimanakan agar kasih itu dapat menjadi DASAR dalam keluarga ?

  1. Pastikan masing-masing anggota keluarga TELAH MENERIMA KASIH yang daripada Allah (Kolose 3 : 15)
  2. Pastikan bahwa keluarga DIBANGUN DIATAS FIRMAN ALLAH (Matius 7 : 24-25)
  3. Pastikan masing-masing anggota keluarga telah mengalami dan menerima PENGAMPUNAN dari Allah (Kolose 3 : 13)

Kasih daripada Allah akan memimpin kita menuju kesempurnaan. Yesaya 46 : 4 : Sampai masa tuamu Aku tetap Dia, dan sampai masa putih rambutmu aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Pertanyaan : Bagaimanakah kasih saya terhadap keluarga saat ini, semakin bertambahkah atau semakin memudar?

Selamat hari minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…..

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.