KASIH KEPADA SESAMA

SURAT GEMBALA

Minggu, 16 Februari 2020

KASIH KEPADA SESAMA

Kasih Kepada Sesama merupakan Hukum Kasih yang kedua yang HARUS DIMILIKI dan DITERAPKAN oleh setiap orang percaya. “Jawab Yesus kepadanya : “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang  terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah : KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI. “ (Matius 22:37-39)  Kasih kepada sesama adalah merupakan  tolak ukur apakah SESEORANG MENGENAL ALLAH atau TIDAK. “Barang siapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah Kasih.” (1 Yohanes 4:8)

Bagaimanakah Tindakan Kasih Kepada Sesama Berdasarkan Firman Tuhan ?

  1. Tidak Menahan Dan Menunda Tindakan Kasih.

Amsal 3:27-28 “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya. Janganlah engkau berkata kepada sesamamu : “Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi,” sedangkan yang diminta ada padamu.”

  1. Tetap Memberi Meski Dalam Keterbatasan.

Markus 6:37-38 “Tetapi jawab-Nya : “Kamu harus memberi mereka makan!” Kata mereka kepada-Nya : “Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan ? Tetapi Ia berkata kepada mereka : “Berapa banyak roti yang ada padamu ? Cobalah periksa!” Sesudah memeriksanya mereka berkata : “Lima roti dan dua ikan.”

  1. Membalas Kejahatan Dengan Kebaikan

Roma 12:19-21 “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis : Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan, jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. Jangan kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan KEBAIKAN.”

Matius 5:39 “Tetapi Aku berkata kepadamu : Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.”

Matius 5:43-45 “Kamu telah mendengar Firman Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.”

Kasih Kepada Sesama Diperhitungkan Tuhan.  Amsal 19:17 “Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, MEMIUTANGI Tuhan yang akan membalas perbuatannya itu.”

Sekecil apapun tindakan KASIH KEPADA SESAMA secara khusus bagi orang percaya/Pelayan Tuhan akan mendapatkan upah dari Tuhan. “Dan barang siapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.”

Peringatan…!!!  Yakobus 4:17 “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.”

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.