KASIH DALAM KESETIAAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 06 DESEMBER 2020

KASIH DALAM KESETIAAN

SETIA artinya Berpegang teguh pada janji, tetap pendirian, tidak berubah dan tidak berpaling.

Kesetiaan adalah barang yang LANGKA. Alkitab sendiri pun mencatat kalau sulit mencari orang yang setia. “Banyak orang menyebut diri BAIK HATI, tetapi orang yang SETIA, siapakah menemukannya.” (Amsal 20:6)

  1. Apa Kata Alkitab Tentang Kesetiaan Tuhan…?
  • Kesetiaan Tuhan Tidak Tergantung Dengan Keadaan.

Timotius 2:13 “Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”

  • Kesetiaan Tuhan Tidak Pernah Pudar

Ratapan 3:22-24 “Tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi, besar kesetiaan-Mu! “Tuhan adalah bagianku,” kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya.”

  • Kesetiaan Tuhan Tidak Dapat Diukur Dengan Waktu. Kejadian 3:15 “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya, keturunannya akan meremukkan kepalamu dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

  1. Bagaimanakah Kesetiaan Tuhan Bagi Orang Percaya…?
  • Tuhan Setia Di Tengah Badai Persoalan.

“Tetapi Tuhan adalah SETIA. IA AKAN MENGUATKAN HATIMU dan MEMELIHARA KAMU TERHADAP YANG JAHAT.” (2 Tesalonika 3:3) Garis bawahi: 1. Ia Akan Menguatkan Hatimu. Artinya ada kalanya Allah tidak melepaskan  orang percaya  dari badai persoalan tapi DIA MENGUATKAN KITA. Contoh: Ayub Kehilangan 10 orang putra/i, kehilangan, harta, kehilangan sahabat,mengalami sakit barah busuk. Ayub 1:1-22), Sadrak, Mesakh dan Abednego dalam perapian menyala-nyala. (Daniel 3:1-21, Daniel dilemparkan ke dalam gua singa. (Daniel 6:17)

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4:13).

  • Tuhan Setia Memenuhi Keperluan Umat-Nya.

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam   Kristus Yesus. (Filipi 4:19) “Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Matius 6:31-33)

“Mata TUHAN tertuju  kepada orang-orang benar dan telinga-Nya kepada teriak mereka  minta tolong.” (Mazmur 34:16)

 “Dari segala yang baik yang dijanjikan Tuhan kepada kaum Israel, tidak ada yang tidak dipenuhi, semuanya terpenuhi.” (Yosua 21:45)

 

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati.

 

Oleh : Pdt. Yus Fredy Kaunang, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *