HIDUP UNTUK MELAYANI TUHAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 16 JANUARI 2022

 

HIDUP UNTUK MELAYANI TUHAN

“ Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan SEGENAP HATIMU SEPERTI UNTUK TUHAN dan bukan untuk manusia.”

Kolose 3 : 23

Berbicara tentang HIDUP UNTUK MELAYANI TUHAN bayangan kita adalah harus masuk sekolah Theologi, menjadi Pendeta atau Penginjil, Berkhotbah, menjadi Worship leader (WL), singer, Pemain musik atau berbagai kegiatan lain di lingkungan gereja. Oleh sebab itu tidak sedikit bahkan orang Kristen berpikir bahwa mereka TIDAK DAPAT TERLIBAT dalam melayani Tuhan, atau lebih buruk lagi berpikir bahwa hanya kegiatan disekitar gereja saja yang ada urusannya dengan Tuhan, sementara pekerjaan diluar gereja dianggap tidak ada kaitannya dengan Tuhan. Akan tetapi Yesus menegaskan bahwa apapun yang kita lakukan, baik yang baik maupun yang jahat, sesungguhnya kita sedang lakukan terhadap Tuhan. Matius 25 : 40 : Dan Raja itu (Tuhan) akan menjawab mereka : Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang saudara-Ku YANG PALING HINA INI, kamu telah melakukannya untuk Aku. Selanjutnya dalam Ibrani 13 : 2 : Jangan kamu lupa memberikan tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang DENGAN TIDAK DIKETAHUINYA TELAH MENJAMU MALAIKAT-MALAIKAT.

Artinya apapun yang kita perbuat, sesungguhnya kita sedang melakukannya untuk Tuhan. Oleh sebab itu dalam Kolose 3 : 23 diperingatkan kepada kita bahwa APAPUN JUGA YANG KITA PERBUAT, supaya kita PERBUAT DENGAN SEGENAP HATI seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kata APAPUN JUGA menunjukkan bahwa pekerjaan apapun, Profesi apapun, dimanapun kita bekerja, kita sedang bekerja untuk TUHAN dan melayani Tuhan. Hal ini akan membuat kita akan memandang pekerjaan sebagai PELAYANAN dan bukan sebagai KEWAJIBAN. Kita akan menghargai pekerjaan kita karena kita sadar bahwa Tuhan yang sedang kita layani. Untuk dapat HIDUP UNTUK MELAYANI TUHAN dalam profesi dan pekerjaan kita, maka :

  1. Kita harus sadar bahwa TUHAN MENGUTUS KITA ( Lukas 10 : 3 ) kedalam pekerjaan itu.
  2. Kita harus sadar bahwa TUHAN MENEMPATKAN KITA untuk kepentingan Tuhan (Kejadian 45 : 8)
  3. Kita harus sadar bahwa ADA MISI ALLAH MELALUI KEBERADAAN DAN PEKERJAAN KITA (Kejadian 12 : 3) — untuk Menjadi berkat.
  4. Kita harus selalu MEMILIKI PANDANGAN YANG TERTUJU KEPADA TUHAN (Kolose 3 : 23)
  5. Kita harus selalu MENGGUNAKAN PROFESI DAN JABATAN KITA untuk bersaksi dan membawa jiwa kepada Kristus (Matius 5 : 16)

Kita tidak sedang kebetulan berada dalam suatu Tempat, Profesi dan Jabatan saat ini. Tuhan mengutus kita untuk suatu misi Tuhan. Terima segala pekerjaan sebagai suatu kehormatan dari Tuhan, kerjakan dengan segenap hati untuk Tuhan. Kita pasti akan diberkati dan menjadi berkat dimanapun kita berada. Apapun yang kita perbuat, sadarlah bahwa sesungguhnya kita sedang perbuat untuk Tuhan dan sedang melayani Tuhan.

 

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati kita semua…..Shallom….!!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.