GEREJA YANG DEWASA MENGHADAPI KEBENCIAN DUNIA (Matius 10:22; Yohanes 15:18)

GEREJA YANG DEWASA MENGHADAPI KEBENCIAN DUNIA

Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa

ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku;

tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Matius 10:22; Yohanes 15:18 (TB)

 

Ketika kegelapan diterangi maka akan nampak segala yang ada dalam kegelapan itu (Yoh.3:19-20) inilah yang memicu kebencian dunia akan pribadi Yesus Kristus dan ajaran-Nya. Reaksi ini ditumbulkan karena kebenaran Kristus dan nilai-nilai kerajaan-Nya yang melawan arus dunia (Yoh 14:6) yang menyingkapkan keberdosaan dan sistem dunia ini (Yoh.15:22). Bagian Injil ini Yesus sedang mempersiapkan para murid-Nya untuk menghadapi salib, kebangkitan dan ketidakhadiran-Nya kelak dan keadaan yang akan mereka hadapi karena mereka adalah pengikut dan saksi-Nya, dan dalam konteks mereka bersaksi, memberitakan Injil dan menyatakan kuasa Allah (bnd. Mat.10:5-21) maka akan timbul perlawanan, penolakan dan penganiayaan.

Bagaimana gereja (orang Kristen) hari ini dapat menghadapi kebencian dunia?

ADA 3B yang Yesus ajarkan: BERDOA (Mat.5:44;6:15; Luk 6:28b), BERKATI (Luk.6:28a; Rom.12:14) dan tetap BERSAKSI (Yoh.13:34-45;15:16-17,27).

Gereja (orang Kristen) akan dibenci karena IMAN KEPADA YESUS DAN NILAI HIDUP KITA BERBEDA DENGAN DUNIA INI. Yesus sudah mengatakannya; Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu (Yoh.15:19) Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya (Ibr.10:35) tetap setia dan bertahan hinga akhir (Mat.10:22b) dan Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna (Rom12:2).

Selamat memasuki bulan yang baru (Maret) dan mempersiapkan diri dalam moment paskah tahun ini. Tuhan Yesus Memberkati. Selamat hari minggu.

Oleh : Ev. Geo Frayanus, M.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *