GEREJA YANG BERTUMBUH DALAM PENGAJARAN TENTANG TUHAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 01 AGUSTUS 2021

 

GEREJA YANG BERTUMBUH DALAM PENGAJARAN TENTANG TUHAN.

Sebab bukan diri kami yang kami beritakan, TETAPI YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN, dan diri kami sebagai hambamu karena kehendak Yesus.

II Korintus 4 : 5

Yesus Kristus adalah Tuhan yang berkuasa meberikan pertumbuhan gereja. I Korintus 3 : 6-7 : “ Aku menanam, Apolos menyiram, TETAPI ALLAH YANG MEMBERIKAN PERTUMBUHAN. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau menyiram, melainkan ALLAH YANG MEMBERIKAN pertumbuhan.” Oleh sebab itu PENGAJARAN TENTANG YESUS SEBAGAI TUHAN merupakan kunci utama bagi gereja yang ingin bertumbuh. Dalam jemaat mula-mula, setelah orang yang mendengarkan Firman Tuhan itu MEMBERI DIRI DIBAPTIS, mereka BERTEKUN DALAM PENGAJARAN RASUL-RASUL (Firman Tuhan), sebagai akibatnya TERJADI BANYAK MUJIZAT DAN TANDA, mereka memiliki PERSEKUTUAN, mereka saling BERBAGI harta milik mereka, mereka SEHATI dan berkumpul TIAP-TIAP HARI dalam Bait Allah, mereka DISUKAI SEMUA ORANG dan TIAP-TIAP HARI TUHAN MENAMBAH JUMLAH MEREKA DENGAN ORANG-ORANG YANG DISELAMATKAN (Kisah Para Rasul 2 : 41-47). Dari peristiwa ini terlihat dengan jelas bahwa PERTUMBUHAN dan PERTAMBAHAN gereja dikerjakan oleh Tuhan yang dimulai dari Persekutuan orang-orang yang BERTEKUN dalam pengajaran Firman Tuhan. Dan yang harus selalu diigat bahwa TIAP-TIAP HARI Tuhan yang menambahkan jumlah mereka dengan ORANG-ORANG YANG DISELAMATKAN.

Tujuan utama pengajaran tentang Tuhan didalam gereja adalah supaya JEMAAT MENGENAL YESUS SEBAGAI TUHAN SERTA PERCAYA KEPADA-NYA SERTA MENGIKUTI PERINTAH-NYA. Pengenalan Pribadi jemaat terhadap Yesus sebagai Tuhan akan terlihat dari PERUBAHAN HIDUP didalam pribadi jemaat yang bersangkutan. Kata Tuhan berasal dari bahasa Inggris LORD yang artinya TUAN. Pada saat seseorang mengenal dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan (Lord) dalam hidupnya, maka pasti dia akan MENGHORMATI dan MENGIKUTI apa yang dikehendaki oleh Tuhan, bukan sebaliknya Tuhan mengikuti apa yang menjadi keinginan nya. Fenomena Gereja hari-hari ini terkesan hanya mengajarkan YESUS SEBAGAI TABIB (DOKTER) yang menyembuhkan; Tuhan hanya sebagai PENYANDANG DANA untuk menyesaikan masalah kekurangan ekonomi, Tuhan hanya sebagai PROBLEMS SOLVER (Penyelesai masalah) bagi orang percaya. Para Pendeta dan hamba Tuhan lebih banyak menceriterakan pengalaman pribadinya bersama Tuhan dibandingkan dengan mengajarkan tentang siapakah Tuhan itu. Sebagai akibatnya, tidak sedikit orang Kristen yang memandang Tuhan Yesus sebagai : SATPAM yang akan menjaganya, sebagai DOKTER yang diperlukan saat sakit bahkan sebagai PEMBANTU yang dapat disuruh-suruh melakukan apa saja. Hal ini mustahil akan membuat gereja akan bertumbuh  karena gereja diisi oleh orang-orang Kristen yang RAPUH secara rohani.  Setiap orang Kristen seharusnya MENGENAL, PERCAYA DAN MENERIMA Yesus SEBAGAI Tuhan didalam kehidupan pribadinya, sehingga ia akan menerima KESELAMATAN (Kemerdekaan) dari kuasa dosa. Roma 1 : 16-17 menjelaskan bahwa tujuan utama pengajaran tentang Tuhan dan Pemberitaan Injil adalah MENYELAMATKAN JIWA DARI KUASA DOSA, bukan hanya MENGUMPULKAN ORANG KEDALAM GEREJA UNTUK MENJADI ORANG YANG BERAGAMA KRISTEN. Setiap hamba Tuhan dan orang percaya harus memiliki KEYAKINAN YANG KOKOH AKAN INJIL YANG ADALAH KEKUATAN ALLAH YANG MENYELAMATKAN, bukan hanya sekedar PERCAYA akan Injil.

Itulah sebabnya Pengajaran tentang Tuhan didalam gereja HARUSLAH menjadi hal yang utama jikalau gerja ingin BERTUMBUH, BERTAMBAH DAN BERDAMPAK. Pengenalan yang benar tentang Tuhan akan membuat orang percaya dapat menempatkan dan memperlakukan Tuhan sebagaimana seharusnya. Pengenalan akan Tuhan dan Firman Tuhan akan membuat pribadi orang Kristen akan bertumbuh secara rohani. Pertumbuhan rohani secara pribadi akan berdampak pada pertumbuhan rohani keluarga yang pasti akan berdampak pada pertumbuhan rohani jemaat.

Pertanyaan : Apakah hari ini saya MENGENAL Yesus sebagai Tuhan yang saya sembah. Apakah saya PERCAYA DAN MENERIMA DIA menjadi Tuhan (Tuan) secara pribadi didalam hidup saya. Apa kah saya mau MENGIKUTI DAN TAAT akan printah-Nya?

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati……!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *