DEWASA DALAM MENGHADAPI PENGANIAYAAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 27 NOVEMBER 2022

 

DEWASA DALAM MENGHADAPI PENGANIAYAAN

 

Tetapi sebelum semuanya itu KAMU AKAN DITANGKAP DAN DIANIAYA; kamu akan diserahkan kerumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku. Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi.

Lukas 21 : 12-13.

Salah satu tanda menjelang Kedatangan Yesus yang kedua kalinya adalah meningkatnya kebencian akan nama Yesus yang mengakibatkan : Kebencian, Penganiayaan dan bahkan Pembunuhan terhadap orang-orang Kristen yang percaya kepada Yesus. Dalam Matius 24 : 9-10 dengan sangat jelas Yesus mengatakan bahwa : Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa dan KAMU AKAN DIBUNUH DAN AKAN DIBENCI SEMUA BANGSA oleh karena nama-Ku, dan BANYAK ORANG AKAN MURTAD dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. Kebencian terhadap nama Yesus dan orang Kristen yang percaya kepada-Nya akan semakin meningkat menjelang kedatangan Yesus yang kedua kalinya disebabkan oleh 2 (dua) hal ini :

  1. Iblis tahu bahwa didalam nama Yesus ada jaminan Keselamatan. Kisah Para Rasul 4 : 12 dikatakan bahwa dibawah kolong langit ini TIDAK ADA NAMA LAIN YANG DIBERIKAN KEPADA MANUSIA yang oleh-Nya kita diselamatkan, Iblis juga tahu bahwa setiap orang yang berseru kepada nama Tuhan (Yesus) akan diselamatkan. (Roma 10 : 13).
  2. Iblis mengetahui bahwa WAKTU BAGINYA SEMAKIN SINGKAT. Wahyu 12 : 12 : Karena itu bersukacitalah, hai sorga dan hai kamu sekalian yang diam didalamnya, celakalah kamu hai bumi dan laut! Karena Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dasyat, KARENA IA TAHU BAHWA WAKTUNYA SUDAH SINGKAT.”

Penganiayaan PASTI AKAN DIALAMI OLEH SETIAP ORANG YANG PERCAYA KEPADA YESUS. II Timotius 3 : 12 : Memang setiap orang yang mau hidup beribadah didalam Kristus Yesus akan menderita aniaya. Oleh sebab keputusan untuk Percaya dan menerima serta mengikut Yesus sesungguhnya adalah pernyataan PERMUSUHAN terhadap Iblis dan dunia yang jahat ini. Itu sebabnya kita tidak dapat menjadi Kristen asal-asalan atau sekedar orang Kristen keturunan. Kita harus menjadi orang Kristen yang Percaya dan bergantung sepenuhnya kepada Yesus. Penganiayaan itu sendiri sesungguhnya memiliki manfaat bagi pertumbuhan rohani dan kesaksian Kristen. Paling tidak ada 3 manfaat Penganiayaan bagi Pertumbuhan dan Kesaksian Iman Kristen, yaitu :

  1. Penganiayaan adalah sarana untuk MEMURNIKAN orang Kristen dan Gereja Tuhan. Orang yang asal-asalan menjadi Kristen dan mengikut Yesus bahkan hamba-hamba Tuhan palsu PASTI akan murtad dan menyangkal Yesus saat penganiayaan itu terjadi.
  2. Penganiayaan merupakan tanda bahwa Roh Kebenaran, yaitu Roh Allah ada pada kita yang membuat kita berbeda dari dunia ini. I petrus 4 : 4 : Berbahagialah kamu jika kamu DINISTA KARENA NAMA KRISTUS, sebab Roh Kebenaran yaitu Roh Allah ada padamu.
  3. Penganiayaan merupakan KESEMPATAN UNTUK BERSAKSI. Lukas 21 : 13 : Hal itu merupakan kesempatan bagimu untuk bersaksi. Ingat….Kesaksian tidak hanya sesuatu yang orang dengar dari kita, tetapi Kesaksian adalah SESUATU YANG ORANG LIHAT pada kita.

Pertanyaan : Apakah kita siap apabila Penganiayaan itu Tuhan ijinkan terjadi atas kita ? Dengan cara apakah kita akan mempertahankan iman kita ? Ingatlah : Tidak ada gelar Teologi atau Pengalaman serta jabatan gerejawi yang menjamin kita akan sanggup menghadapi Penganiayaan apabila itu terjadi. Satu-satunya cara adalah Percaya dan bergantung sepenuhnya pada perlindungan Tuhan. Yesus berkata : Tetapi TIDAK SEHELAIPUN dari rambut kepalamu akan hilang.

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…….Shalom….!!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *