DALAM MENYAMBUT HUT GKII KE-92 TANGGAL 10 PEBRUARI 2020. Tema : PERGILAH, AKU MENGUTUS KAMU

SURAT GEMBALA

Minggu, 09 Februari 2020

DALAM MENYAMBUT HUT GKII KE-92 TANGGAL

10 PEBRUARI 2020.

Tema : PERGILAH, AKU MENGUTUS KAMU

(KPR. 22 : 21)

Tetapi kata Tuhan kepadaku : Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau jauh dari sini

kepada bangsa-bangsa lain.

( Kisah Para Rasul 22 : 21)

Kembali menjadi GEREJA MISIONER seperti Visi dan Misi dari Dr. Alexander Benyamin Simpson dan Dr. Robert Alexander Jaffray itulah menjadi kerinduan Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) sebagaimana disampaikan oleh Ketua Gereja Kemah Injil Indonesia Dr. Daniel Ronda dalam sambutannya memperingati hari Ulang Tahun GKII ke-92 tahun 2020.

Berbagai pandangan dalam menterjemahkan konsep GEREJA MISIONER hari ini melahirkan berbagai kebijakan dalam tata pelayanan dalam tubuh Gereja Kemah Injil saat ini. Dari satu sisi semua kita sepakat bahwa memberitakan Injil dan memenangkan jiwa adalah sesuatu yang sangat penting, dilain pihak Penatalayanan dan pengorganisasian gereja bukanlah hal yang boleh diabaikan. Untuk menjawab hal ini, dalam Roma 10 : 14 Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepadaNya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia kalau tidak ada yang MEMBERITAKAN-NYA? Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya jika mereka tidak DIUTUS? Seperti ada tertulis : “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik.” Artinya, Pelayanan Misi tidak hanya berbicara tentang PERGI memberitakan Injil, tetapi juga menyangkut tanggung jawab untuk MEMFASILITASI, MEMBIAYAI dan MEMPERSIAPKAN serta MENGUTUS para Pemberita Injil. Gereja yang Misioner tidak dapat diukur dengan MEMBANGUN GEREJA BARU, tetapi MENCARI dan MEMENANGKAN jiwa baru. Jiwa-jiwa baru akan menghasilkan gereja-gereja baru, bukan sebaliknya gereja-gereja baru yang akan menghasilkan jiwa-jiwa baru. Hal ini ditegaskan Tuhan kepada Rasul Paulus dalam Kisah Para Rasul 22 : 21 : Tetapi kata Tuhan kepadaku: Pergilah, sebab Aku akan mengutus engkau JAUH DARI SINI kepada bangsa-bangsa lain.” Rasul Paulus berusaha untuk menyakinkan orang-orang Yahudi di Yerusalem untuk menerima dia dan mendengarkan kesaksiannya, tetapi Tuhan punya kepentingan untuk tempat yang lain. Fakta hari ini bahwa Gereja Kemah Injil Indonesia mengalami kenaikan yang signifikan dalam JUMLAH GEDUNG GEREJA tetapi tidak diikuti oleh BERTAMBAHNYA JIWA-JIWA. HaL ini disebabkan karena Pembukaan GEREJA BARU atau POS PI hanyalah sarana untuk MEMINDAHKAN ANGGOTA GEREJA yang sudah percaya dan menerima Yesus, bukan karena adanya jiwa-jiwa baru yang diselamatkan. Jiwa-jiwa baru PASTI akan menghasilkan gereja-gereja baru.

Selain itu hendaklah kita mengetahui bahwa tugas misi adalah tugas yang kita terima dari Tuhan. Kita harus mengikuti pimpinan dan keinginan Tuhan, bukan hanya sekedar keinginan manusia. Kiranya dalam Ulang Tahun yang ke-92 ini, Gereja Kemah Injil semakin dewasa sebagai gereja yang Misioner. Gereja Kemah Injil dapat secara seimbang menempatkan dan melaksanakan tanggung jawab PEMBERITAAN INJIL dan PENATALAYANAN ORGANISASI GEREJA. Para pemberita Injil memerlukan dukungan gereja yang MEMPERSIAPKAN, MENGUTUS dan MEMBIAYAI Penginjilan. Gereja Misioner akan membangun sistim pelayanan yang teratur dan terintegrasi, bukan parsial.

Selamat Ulang Tahun yang ke-92 GKII dan seluruh anggota GKII, Tuhan Yesus memberkati.

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published.