ARTI DARI KEMATIAN YESUS KRISTUS

ARTI DARI KEMATIAN YESUS KRISTUS

Kematian Yesus menimbulkan pertanyaan bagi kebanyakan orang awam. Ada yang berkata bahwa jika Yesus adalah Allah mengapa Dia mati? Jika Yesus Allah mengapa harus disalib? Jika Yesus adalah Allah mengapa menjadi manusia? Pertanyaan diatas hanya dapat kita jawab ketika kita menyadari arti dari kematian Yesus. Lewat kematian Yesus memberitahukan kepada kita tentang dua hal:

Pertama: Pendamaian

Mengapa harus ada pendamaian? Pada mulanya hubungan Allah dan manusia begitu intim. Namun, sejak manusia jatuh kedalam dosa, manusia haruslah menerima konsekuensi yaitu keterpisahan dengan Allah, itu adalah akibat dari dosa. Roma 3:23 “karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah”. Dosa merusak hubungan manusia dengan Allah. Allah dan kekudusan-Nya tidak dapat disatukan dengan manusia yang berdosa. Bahkan pada masa PL menunjukkan betapa ada jarak antara Allah dengan umat-Nya. Didalam bait suci yang didirikan oleh umat Allah ada yang disebut dengan ruang kudus dan ruang maha kudus. Dalam ruangan itu dibuat tabir bait Allah sebagai pemisah antara ruang kudus dan ruang maha kudus. Pada masa itu, hanya Imam yang dapat masuk menghampiri ruangan maha kudus Ibrani (10:19-25) dan itupun hanya dilakukan satu kali dalam setahun ketika memberikan korban persembahan. Hal ini memberikan gambaran karena dosa manusia tidak dapat menghampiri Allah, ada pemisah antara manusia dan umat-Nya. Yesaya 59:2 “tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. Dosa merusak hubungan Allah dan manusia. Kabar baiknya melalui kematian Yesus kita diperdamaikan dengan Allah. (Markus 15:38) Tabir bait Allah terbelah dua menjadi gambaran bahwa yang awalnya ada pemisah antara Allah dan umat-Nya lewat kematian Yesus hal itu dihapuskan. Setiap orang memiliki jalan kepada Allah. (Roma 5:10)

Kedua: Penebusan

Penebusan berbicara tentang membeli kembali. ingat, bahwa ketika manusia jatuh dalam dosa manusia diperhamba oleh dosa. Penebusan dalam Kristus artinya bahwa Dia telah membeli kita kembali dari perbudakkan dosa. Mengapa Yesus yang harus jadi korban penebusan? Karena manusia tidak dapat menebus dirinya sendiri, bahkan dikatakan bahwa upah dari dosa adalah maut (roma 6:23). Jika kita tidak mati untuk menanggung dosa kita artinya harus ada pribadi yang menanggantikan kita dan pribadi itu haruslah sempurna, tak bercacat. 2 korintus 5:21. Dan Yesuslah korban yang sempurna.

Dampak dari pendamaian dan penebusan yang Yesus lakukan:

  1. kita memperoleh jaminan tentang kehidupan kekal.

Yohanes 17: 3 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Artimya tidak ada jalan dan cara lain untuk mendapatkan kehidupan kekal selain didalam Allah dan Anak-Nya Yesus Kristus.  (Yohanes 3:36). Kehidupan kekal bukan berbicara bahwa kita tidak akan mengalami kematian. Kita tetap mengalami kematian namun janji-Nya bahwa kita akan bersama-sama dengan Dia disurga. (Yohanes 14:1-3)

  1. kita memperoleh kemerdekaan.

Kematian Yesus memerdekakan kita. bukan berarti kita dibebaskan untuk melakukan apa saja dan berbalik kepada dosa. Tapi kita dimerdekakan untuk hidup bagi Allah, melayani Allah. Galatia 2:20 “Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup didalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang didalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Untuk itulah mengapa Yesus harus mati dikayu salib karena Ia menjadi korban pendamaian dan penebusan bagi dosa-dosa kita.

Pertanyaan: Apakah kita menyadari betapa besar pengorbanan Yesus bagi setiap kita? Apakah kita sudah menghargai pengorbanan Kristus? Dengan cara apa? Ingatlah bahwa ketika kita menyia-nyiakan pengorbanan Kristus, dan kembali kepada dosa, kita sedang menyalibkan Tuhan untuk yang kedua kalinya, jangan sia-siakan pengorbanan Kristus, muliakan dan layani Tuhan dengan hidup kita. Selamat hari minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…. Shalom…!!!!

Oleh:Esther Rindiani S.Fil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *