ANAK YANG MENYENANGKAN HATI TUHAN

SURAT GEMBALA

Minggu, 10 JULI 2022

 

ANAK YANG MENYENANGKAN HATI TUHAN

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang INDAH DIDALAM TUHAN. ( TB )

Children, obey your parents in all things: for this is WELL PLEASING unto the Lord. ( KJV ) Kolose 3 : 20

 

Kata WELL PLEASING yang diterjemahkan didalam bahasa Inggris King James Version (KJV) memiliki arti SANGAT MENYUKAKAN atau SANGAT MENYENANGKAN hati Tuhan.

Tujuan Tuhan menciptakan manusia, termasuk anak-anak adalah untuk MEMUJI TUHAN (Mazmur 150 :1-6). Tindakan dan apa yang dilakukan manusia dapat MENYENANGKAN HATI TUHAN (Maleakhi 3 :4 ketika ketika Yehuda dan Yerusalem memberikan Persembahan yang benar kepada Tuhan), dan dapat juga MENYAKITI HATI TUHAN (IRaja-raja 14 : 15 ketika Yerobeam Raja Israel membuat tiang-tiang berhala).

Apa yang dilakukan oleh anak-anak kita dapat berpotensi untuk mendatangkan murka Allah (II Raja-raja 2 : 23 ketika anak-anak di Betel mengolok-olok Nabi Elisa dengan berkata Naiklah Botak, naiklah Botak), tetapi anak-anak juga dapat membuat sesuatu yang berkenan kepada Tuhan (Kejadian 4 : 4; Ibrani 11 : 4 tentang persembahan Habel).

Pertanyaan kita saat ini; Apakah anak-anak kita melakukan sesuatu yang menyenangkan hati Tuhan atau sesuatu yang menyakitkan hati Tuhan. Bagaimana caranya agar anak-anak kita dapat menyenangkan hati Tuhan. Berdasarkan Kolose 3 : 20, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh anak-anak kita untuk dapat hidup menyenangkan hati Tuhan; yaitu : MENTAATI ORANG TUA DALAM SEGALA HAL. Mengapa hal itu penting? Bandingkan dengan perintah Tuhan dalam Bilangan 5 : 16 : Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, SUPAYA LANJUT UMURMU DAN BAIK KEADAANMU di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu kepadamu. Perintah ini diulangi Yesus dalam Perjanjian Baru masing-masing dalam  Matius 19 : 18-19; Markus 10 : 19; dan Lukas 18 : 20. Artinya : Ketaatan dan sikap hormat kepada orang tua akan MENGHUUNGKAN ANAK SECARA LANGSUNG dengan janji berkat yang Tuhan janjikan.

Ketaatan anak terhadap orang tua merupakan suatu gambaran ketaatan anak kepada Tuhan. Hal ini seharusnya merupakan PERINGATAN KERAS kepada setiap orang tua. Kewajiban anak adalah untuk TAAT dan MENGHORMATI orang tua mereka apapun dan bagaimanapun keadaan mereka, sedangkan orang tua WAJIB HIDUP DALAM KEBENARAN karena kita bertanggung jawab terhadap Tuhan. Dalam ketaatan terdapat sikap : Percaya, Hormat dan yakin. Mentaati artinya melakukan apapun yang dikehendaki dan diperintahkan oleh orang tua mereka. Menghormati dan mentaati orang tua bukanlah karena sesuatu yang orang tua milki dan lakukan. Tetapi menghormati dan mentaati orang tua kita lakukan KARENA RASA HORMAT KITA KEPADA TUHAN. Cerminan ketaatan anak-anak kepada Tuhan tercemin dalam ketaatan anak kepada orang tuanya. I Yohanes 4 : 20 : Jikalau seseorang berkata “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, TIDAK MUNGKIN mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

Pastikan anak-anak kita hidup menyenangkan hati Tuhan melalui ketaatan mereka kepada Tuhan melalui orang tua mereka. Sebagai orang tua, pastikan kita mencerminkan kasih dan kebenaran dari Tuhan. Memgasihi anak-anak kita karena Tuhan, bukan karena apa yang mereka lakukan bagi kita.

Selamat hari Minggu, Selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati…..!!

 

Oleh : Pdt. Rustam Miling, S.Th

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *